[Review] Smartphone Lenovo S560

Di artikel pertama setelah setahun lebih vakum di blog ini, saya akan melakukan review sebuah smartphone Android. Ya, Lenovo S560. Mungkin sebagian orang lebih familiar dengan produk Notebook/Laptop dari brand ini. Kenyataannya, dengan perkembangan atau tren mobile access yang semakin tinggi saat ini setiap vendor mencoba peruntungan dengan memproduksi smartphone, termasuk Lenovo sendiri.

Spesifikasi & Harga

Lenovo S560 Blue (sumber: globalteleshop.com)

Saya membeli smartphone ini di OKE SHOP Malang, Dinoyo dengan harga Rp 1.699.000,-. Masih baru, belum ada 1 minggu saya gunakan. Ketika beli, dapat bonus nomor Simpati dengan pulsa 50 ribu (dan preload 5 ribu). Sebenarnya bonus 50 ribu ini dapat langsung digunakan untuk paket Internet 3 bulan. Namun saya memilih untuk mentransfernya ke nomor utama saya (Simpati juga). Spesifikasi Lenovo S560 yang saya dapat sama persis seperti yang tertera di website gsmarena.com. Dengan Processor entry-level MTK 6577 1Ghz Dual-core serta RAM 512MB, cukup untuk menjalankan aplikasi standar Android seperti Email Client, Jejaring Sosial dan Instant Messaging (IM), dan tentunya Game. Layar IPS 4 inchi dengan resolusi 800×480 terasa cukup lega juga. πŸ™‚

Built-Quality

Yahh, saya kurang puas dengan built-quality nya. Masih terkesan seperti smartphone murahan (ya memang murah sih). Hehe Maksud saya, dari bahan yang digunakan dan warna serta lapisannya sangat terasa bahwa smartphone ini ada di kelas bawah. Kalau secara hardware sendiri sejauh ini masih oke.

Dual SIM

Dukungan dual-sim buat yang punya pacar banyak =)) Disediakan dua slot kartu GSM, dimana slot ke-1 mendukung jaringan 3G/HSDPA dan slot ke-2 hanya mendukung jaringan 2G (GPRS/Edge). Sudah saya coba dual sim dan berjalan dengan baik. Namun saat ini memang nomor utama saya hanya ada 1 saja. Belum terpikir untuk menggunakan dual-sim. Fitur ini hanya untuk jaga-jaga saja. =))

Lenovo S560 - SIM Management

Lenovo S560 – SIM Management

Display

Display yang katanya sudah IPS menjadi salah satu alasan saya membeli smartphone ini. Tapi nyatanya kejernihan layar menurut saya kurang bagus, mungkin karena dimensi layar yang cukup besar yakni 4 inchi namun dengan resolusi hanya 800×400. Tingkat kecerahan juga kurang, padahal sudah diatur maksimum. Berbeda dengan kualitas layar smartphone saya sebelumnya, Xperia Sola yang terlihat sangat halus dan seperti tanpa jagged (piksel2 hampir tidak terlihat). Meski begitu, untuk keperluan membaca pdf atau artikel web masih tergolong nyaman dan jelas.

Sound

Adanya fitur Dolby Mobile juga merupakan salah satu alasan saya membeli smartphone ini. Fitur ini memberikan efek surround (katanya). Setelah saya coba, memang terdengar cukup nyaring dan asik. Ohya, kalau tidak salah speakernya ada 2 buah, di bagian atas dekat kamera dan bagian bawah. Mungkin ini juga yang membuat suaranya nyaring dan asik jika loudspeaker. Kalau kualitas earphone bawaan terbilang standar.

Kamera

Kamera belakang 5MP dengan kualitas biasa saja, tanpa flash. Ini yang mungkin membuat sebagian besar pengguna “narsis” kecewa, hehee. Saya sendiri tidak masalah karena jarang juga ambil foto. Smartphone ya smartphone, bukan kamera digital, menurut saya =))

Kamera depan, kualitas VGA. Ya, untuk Video Call dengan skype atau aplikasi sejenisnya. Bisa juga untuk narsis / ngaca. Hahaha..

Performa

Sangat baik menurut saya. Dengan processor 1Ghz Dual-core MTK 6577, semua aplikasi yang saya butuhkan dapat berjalan dengan lancar. Jejaring Sosial, Email, IM, dsb dapat berjalan dengan baik dan smooth. Sempat ragu bisa menjalankan Game game casual yang ada di Google Play, tapi nyatanya semua berjalan lancar. Β Malah kadang rasanya lebih baik dari xperia Sola saya sebelumnya, hal ini mungkin karena Lenovo S560 tidak menyertakan terlalu banyak aplikasi bawaan yang ujung-ujungnya membebani RAM (meskipun bisa diakali dengan mematikan beberapa servis).

Baterai

Kapasitas baterai 2000MAh tidak terlalu saya rasakan. Pasalnya, dengan 1 buah SIM yang aktif dan Mobile Data aktif dan penggunaan standar hanya bertahan 1 hari. Dibandingkan dengan xperia Sola, beda-beda tipis. Ada aplikasi bawaan bernama Lenovo PowerSaving yang belum saya coba. Aplikasi ini diklaim bisa membantu meningkatkan waktu standby.

Kesimpulan

Dengan harga 1,7 juta, saya merasa tidak rugi membeli smartphone ini. Cukup untuk memenuhi kebutuhan saya saat ini untuk jejaring sosial, email, IM, Game, dan tentunya browsing. Dan akhirnya, setelah menggunakan smartphone ini, saya merasa bahwa saya memang lebih cocok jika menggunakan barang-barang yang tergolong entry-level (baca: murah). Hehehe.

Semoga review singkat ini cukup memberi pandangan bagi Anda yang tertarik dan berencana membeli smartphone ini. Mohon maaf kalau belum ada gambarnya, nanti saya usahakan upload juga supaya lebih yakin =))

Untuk review lebih lengkap, silakan kunjungi salah satu thread di kaskus ini.

Screenshot

Advertisements

41 thoughts on “[Review] Smartphone Lenovo S560

    • Kalau lihat spesifikasi Ace Duos, saya rasa jauh sekali perbedaannya. Jauh lebih baik Lenovo S560, hanya kekurangannya tidak ada flash pada kamera. Ini pendapat pribadi, saya belum pernah pegang Galaxy Ace Duos, jadi tidak bisa bandingin secara langsung. πŸ™‚

  1. Sy barusan beli hp ini seminggu yg lalu.
    Kelebihannya:
    -prosesor dual core-> laodingnya gak pake lama
    -fitur lumayan lengkap
    -harga ekonomis
    -radio fm tanpa headset

    Kelemahannya:
    -wifi tethering-nya payah(putus2)
    -baterai gak bisa di charge dlm kondisi mati(sy pikir cacat produksi, tp trnyata hp teman sy sejenis dan temen yg lain pake lenovo s880 jg mngalami hal yg sama. aneh sekali!)
    -skype tdk bisa dipake buat video chat, hnya voice call(ini bagian yg paling menyebalkan. sy tertipu dg kamera depannya!! hiks!)
    -bobot berat dan baterainya lumayan boros
    -kualitas layarnya buruk

    kesimpulannya: harga murah gak bisa bohong. untuk anda yg pnya budget lebih, sebaiknya beli merk yg udah lama eksis di dunia per-hape-an. dg harga sejenis, hp yg branded cuman single core. tp yg lain2 dpt dipertanggungjawabkan. sebelum ini sy pake android LG L7,axiio vigo 350, ainol novo. trnyata kualitas lenovo setara dg ainol novo(khas produk hp cina). murah dan bener2 murahan!!

    • – Wifi Tethering mungkin emang bener sering putus2 ya, saya juga ngerasa kadang gak stabil. Sepertinya emang kurang sip.

      – Kok gak bisa di-charge dalam kondisi mati? Saya bisa kok -_____-” biasanya kan muncul animasi charging gitu kalo pas kondisi mati. (Saya sering biarin hape sampe mati sendiri karena batre 0%, trus saya colok charger langsung nge-charge sendiri)

      – Skype saya belum coba πŸ˜€

      – bobot emang berat, kalo batre, standar lah dual sim, apalagi paket data saya aktif 24 jam.

      – layar, ya wajar aja karena ppi tidak terlalu besar, tapi sudah cukup nyaman menurut saya. Memang cukup beda kalo dibandingin brand2 yg udh terkenal di industri ponsel. Kalo diliat spek LG L7, seharusnya layar lebih jelek dan kurang tajam, karena dengan dimensi layar 4.3 inch, resolusinya hanya 480×800. Kalo lenovo dengan layar 4 inch resolusinya sama, kerapatan piksel jadi lebih baik. Apalagi dibandingin speknya Axio Vigo 350.. -____-“

  2. Ralat: maksudnya dlm kondisi mati, baterai gak bisa di charge s.d. 100%. harus dlm kondisi on biar bisa 100%(trnyata bnyak yg mengeluh sperti itu jg di fordis lenovo di kaskus). baru pertama kali sy ketemu model baterai yg bginian. pdhl mengisi baterai dlm kondisi mati,dr artikel yg sy bnyak baca,sangat disarankan agar baterai lebih awet(panjang masa pakainya)
    Soal layar, seharusnya lebih baik dr LG L7, krn lebih rapat pixelnya. tp kenyataannya di bawah sinar matahari, layarnya tdk nyaman dilihat(persis sprti layar ainol novo,nexian,axioo,dll. kualitasnya hp cina bgt!). sedangkan LG L7 tetap nyaman dilihat.
    axio vigo sy tulis sbg pembanding hp android low end. dg harga murah, tp wifi tethering berjalan dg cukup lancar.(soal spec, jelas tdk bisa dibandingkan).
    Yg sy heran, lenovo yg notabene perusahaan komputer yg punya nama besar, trnyata sangat sembrono dlm membuat HP. keluhan yg sy baca di fordis, rata2 terkesan cacat produksi(baterai sperti kasus sy diatas, gambar tdk bisa langsung tersimpan di galeri,wifi tethering putus2).
    Terakhir, sy menulis disini tdk bermaksud menghujat para pemakai lenovo(krn sy sendiri jg memakainya). Sy hny ingin memberikan informasi kpd para calon pembeli (secara detil dr sudut pandang kelemahannya). supaya tdk menaruh expektasi yg terlalu tinggi(sprti yg sy alami) saat membaca spek produk2 lenovo. Trnyata spek yg nyaris komplit, tdk berjalan dg mulus disana-sini.
    Dan pada akhirnya sy hanya bisa berkata “harga tdk bisa bohong. enek rego enek rupo’. sekian dan salam super! ^^

    • Santai-santai, gak apa mas, memang harus seimbang kalo menilai sesuatu. Masak ya bagus2nya doang yang dibilang. πŸ˜€

      – Kalo charging gak bisa 100 itu gak tau saya mas, belum pernah coba. Soalnya sebelum 100% hape pasti udah saya nyalakan.

      – Saya sendiri belum pernah pegang LG L7 jadi gak bisa bandingin. Sebelum2nya saya pake xperia mini Pro dan xperia Sola. Sepengalaman saya kalo di bawah matahari semuanya sama aja, meskipun brightness udah maksimum. Mungkin kalo LG lebih bagus karena cdmnya lebih tinggi, saya kurang tahu. Hehe

      Ini mungkin strateginya lenovo buat masuk ke industri ponsel, apalagi di Indonesia yang notabene masih memilih produk dengan harga murah sebagai pilihan. Saya juga penasaran sama seri barunya lenovo, jangan2 seperti ini juga kualitasnya. Ada yg 1,2Ghz, 8MP, RAM 1GB, harga bersaing banget. Ckck

      “harga tdk bisa bohong. enek rego enek rupo” << kalo ini saya sepakat banget! Hahaha

    • sory gan ane pemakai ni hh.menurut ane ni hh dah Top dngn harga segitu.klo pnya duit lebih baru komen yg ngejelekin hh ini.yg jadi maslah kenapa agan beli ni hh….gampangkan.lol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s