[Review] Smartphone Lenovo S560

Di artikel pertama setelah setahun lebih vakum di blog ini, saya akan melakukan review sebuah smartphone Android. Ya, Lenovo S560. Mungkin sebagian orang lebih familiar dengan produk Notebook/Laptop dari brand ini. Kenyataannya, dengan perkembangan atau tren mobile access yang semakin tinggi saat ini setiap vendor mencoba peruntungan dengan memproduksi smartphone, termasuk Lenovo sendiri.

Spesifikasi & Harga

Lenovo S560 Blue (sumber: globalteleshop.com)

Saya membeli smartphone ini di OKE SHOP Malang, Dinoyo dengan harga Rp 1.699.000,-. Masih baru, belum ada 1 minggu saya gunakan. Ketika beli, dapat bonus nomor Simpati dengan pulsa 50 ribu (dan preload 5 ribu). Sebenarnya bonus 50 ribu ini dapat langsung digunakan untuk paket Internet 3 bulan. Namun saya memilih untuk mentransfernya ke nomor utama saya (Simpati juga). Spesifikasi Lenovo S560 yang saya dapat sama persis seperti yang tertera di website gsmarena.com. Dengan Processor entry-level MTK 6577 1Ghz Dual-core serta RAM 512MB, cukup untuk menjalankan aplikasi standar Android seperti Email Client, Jejaring Sosial dan Instant Messaging (IM), dan tentunya Game. Layar IPS 4 inchi dengan resolusi 800×480 terasa cukup lega juga. 🙂

Built-Quality

Yahh, saya kurang puas dengan built-quality nya. Masih terkesan seperti smartphone murahan (ya memang murah sih). Hehe Maksud saya, dari bahan yang digunakan dan warna serta lapisannya sangat terasa bahwa smartphone ini ada di kelas bawah. Kalau secara hardware sendiri sejauh ini masih oke.

Dual SIM

Dukungan dual-sim buat yang punya pacar banyak =)) Disediakan dua slot kartu GSM, dimana slot ke-1 mendukung jaringan 3G/HSDPA dan slot ke-2 hanya mendukung jaringan 2G (GPRS/Edge). Sudah saya coba dual sim dan berjalan dengan baik. Namun saat ini memang nomor utama saya hanya ada 1 saja. Belum terpikir untuk menggunakan dual-sim. Fitur ini hanya untuk jaga-jaga saja. =))

Lenovo S560 - SIM Management

Lenovo S560 – SIM Management

Display

Display yang katanya sudah IPS menjadi salah satu alasan saya membeli smartphone ini. Tapi nyatanya kejernihan layar menurut saya kurang bagus, mungkin karena dimensi layar yang cukup besar yakni 4 inchi namun dengan resolusi hanya 800×400. Tingkat kecerahan juga kurang, padahal sudah diatur maksimum. Berbeda dengan kualitas layar smartphone saya sebelumnya, Xperia Sola yang terlihat sangat halus dan seperti tanpa jagged (piksel2 hampir tidak terlihat). Meski begitu, untuk keperluan membaca pdf atau artikel web masih tergolong nyaman dan jelas.

Sound

Adanya fitur Dolby Mobile juga merupakan salah satu alasan saya membeli smartphone ini. Fitur ini memberikan efek surround (katanya). Setelah saya coba, memang terdengar cukup nyaring dan asik. Ohya, kalau tidak salah speakernya ada 2 buah, di bagian atas dekat kamera dan bagian bawah. Mungkin ini juga yang membuat suaranya nyaring dan asik jika loudspeaker. Kalau kualitas earphone bawaan terbilang standar.

Kamera

Kamera belakang 5MP dengan kualitas biasa saja, tanpa flash. Ini yang mungkin membuat sebagian besar pengguna “narsis” kecewa, hehee. Saya sendiri tidak masalah karena jarang juga ambil foto. Smartphone ya smartphone, bukan kamera digital, menurut saya =))

Kamera depan, kualitas VGA. Ya, untuk Video Call dengan skype atau aplikasi sejenisnya. Bisa juga untuk narsis / ngaca. Hahaha..

Performa

Sangat baik menurut saya. Dengan processor 1Ghz Dual-core MTK 6577, semua aplikasi yang saya butuhkan dapat berjalan dengan lancar. Jejaring Sosial, Email, IM, dsb dapat berjalan dengan baik dan smooth. Sempat ragu bisa menjalankan Game game casual yang ada di Google Play, tapi nyatanya semua berjalan lancar.  Malah kadang rasanya lebih baik dari xperia Sola saya sebelumnya, hal ini mungkin karena Lenovo S560 tidak menyertakan terlalu banyak aplikasi bawaan yang ujung-ujungnya membebani RAM (meskipun bisa diakali dengan mematikan beberapa servis).

Baterai

Kapasitas baterai 2000MAh tidak terlalu saya rasakan. Pasalnya, dengan 1 buah SIM yang aktif dan Mobile Data aktif dan penggunaan standar hanya bertahan 1 hari. Dibandingkan dengan xperia Sola, beda-beda tipis. Ada aplikasi bawaan bernama Lenovo PowerSaving yang belum saya coba. Aplikasi ini diklaim bisa membantu meningkatkan waktu standby.

Kesimpulan

Dengan harga 1,7 juta, saya merasa tidak rugi membeli smartphone ini. Cukup untuk memenuhi kebutuhan saya saat ini untuk jejaring sosial, email, IM, Game, dan tentunya browsing. Dan akhirnya, setelah menggunakan smartphone ini, saya merasa bahwa saya memang lebih cocok jika menggunakan barang-barang yang tergolong entry-level (baca: murah). Hehehe.

Semoga review singkat ini cukup memberi pandangan bagi Anda yang tertarik dan berencana membeli smartphone ini. Mohon maaf kalau belum ada gambarnya, nanti saya usahakan upload juga supaya lebih yakin =))

Untuk review lebih lengkap, silakan kunjungi salah satu thread di kaskus ini.

Screenshot

Advertisements

41 thoughts on “[Review] Smartphone Lenovo S560

    • Lebih bagus Asus Zenfone 4 mas, hehehe..
      Lenovo S560 – A516 mirip mas. Dengan resolusi yg sama, namun ukuran layar yg beda, kualitas layarnya pun jadi beda. Tapi kalo dilihat kasat mata, gak terlalu jauh sih bedanya. Spek yg lainnya juga gak jauh beda. Cuma sekarang lihat harganya. Lagian apa masih ada yg jual S560? Kayaknya udh discontinued deh produknya. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s