[Update] – Yang bermasalah ketika instalasi driver nvidia di lucid

[Update]

Please, follow this instruction !!

https://pakeklinux.wordpress.com/2010/09/22/update-lagi-yang-masih-bermasalah-ketika-instalasi-driver-nvidia-di-ubuntu-10-04-lucid-lynx/

[End Update]

Maap, postingan saya kemaren mungkin membawa masalah buat temen2 yang mencoba nginstall drivernya di lucid..

Semoga cara ini bisa membantu :

  1. Pastikan semua driver nvidia sebelumnya udh diremove;
  2. Pastikan udh melakukan blacklist terhadap beberapa modul, seperti langkah di atas;
  3. Pastikan drivernya disimpan di /home/username_anda/ (misal : /home/budi/NVidia.bla.bla.bla.run)
  4. restart, pilih masuk ubuntu recovery mode (biasanya pilihan no.2 dari atas);
  5. kalo udh, nanti ada pilihan, pilih masuk “root”, ntar langsung masuk terminalnya “root”
  6. ketik : init 3 [enter]
  7. Pindah ke folder driver : cd /home/username_Anda/ [enter]
  8. Install driver : sh NVidia.bla.bla.bla.run [enter]
  9. Ikuti petunjuk installasi
  10. Setelah selesai, restart. ketik : reboot [enter]
  11. Masuk ke ubuntu normal (biasanya pilihan no.1)
  12. Kalo compiz lom aktif, bisa diaktifkan melalui menu System > Preferences > Appreance > Visual Effect
semoga membantu 😀
17 thoughts on “[Update] – Yang bermasalah ketika instalasi driver nvidia di lucid

  1. Mas,saya pengguna baru lucid.untuk mengetikkan kata2 seperti(sudo dan yang lain2nya)itu masuk aplikasi atau tempat yang mana?.saya tunggu jawabanya mas.terimakasih

    • kalau ingin mengetikkan perintah sudo (dkk) , mas buka aplikasi namanya Terminal, dari menu :
      Application > Accecories > Terminal

      atau :

      tekan [Alt]+[F2] , lalu di dalam textbox masukkan : gnome-terminal
      lalu tekan enter

      semoga membantu 🙂

  2. mas, mau nanya, kok setelah drivernya di install resolusinya malah jado 800×600.
    gimana caranya biar bisa jadi 1024×768, sudah googling tapi belum dapat, di pilihan monitor g ada 1024×768.
    thks b4

  3. mas driver saya nvidia geforce 310m, saya kemarin sempat nyoba tutorial sebelumnya
    untuk tutorial ini saya sedikit bingung
    1. untuk remove driver nvidia pke sintaks apa?sudo apt-get remove ….
    2. maksudnya blacklist terhadap modul diatas?
    3. untuk vga seri nvidia geforce 310m sebaiknya menggunakan versi berapa mengingat vga seri ini sudah menggunakan teknologi “nvidia optimus”
    4. laptop saya tidak muncul GRUB menu karena hanya single boot linux, ada cara ngakalin gak mas?
    – pertanyaan terakhir, gimana cara cek driver vga yang tidak terinstall dari system->hardware drive-> activate

    maaf mas klo banyak tanya…maklum newbie

    • cek email ya.. 😀

      pertanyaan trakhir maksudnya gmn mas ?
      tp mas bisa ngecek driver vga liwat perintah :
      sudo lshhw -C display

      ntar liat di bagian configuration. kalo driver nvidianya terinstal, biasanya muncul driver : nvidia

  4. mas mau tanya laptop saya asus k42jc drivernya nvidia geforce 310 M dan ubuntu desktop 10.10. saya masih newbie untuk ubuntu.
    sudah ikuti langkah2 mas di https://pakeklinux.wordpress.com/2010/09/22/update-lagi-yang-masih-bermasalah-ketika-instalasi-driver-nvidia-di-ubuntu-10-04-lucid-lynx/ tapi saya pakai driver dari nvidia yg terbaru (NVIDIA-Linux-x86-260.19.36.run).
    Nah setelah semua langkah saya ikuti (start gdm-nya) laptop saya jadi gak bisa masuk ke GUI-nya dan cuma masuk di text mode saja. bagaimana caranya supaya geforce 310 M saya aktif dan bisa masuk GUI-nya. makasih mas (jawabannya kirim ke email jg boleh mas)

Leave a Reply

