Langkah Konek Internet Haier CE100 dengan Network Manager Lucid

Artikel ini merupakan request seorang teman. Yap, sesuai judul artikelnya, saya akan sharing cara melakukan koneksi ke internet menggunakan modem Haier CE100 dan Network Manager pada Ubuntu 10.04 Lucid Lynx. Ternyata caranya sangat mudah! 😀

Oke, langsung aja kita ke langkah – langkahnya..

  1. Jika belum pernah melakukan update Network Manager, baik melalui repository resmi maupun dari launchpad (ppa), Anda bisa langsung skip ke langkah no. 6!! Jika sudah pernah, lanjut ke langkah 2..
     
  2. Jika pernah update ppa, remove semua packages Network Manager yang terinstall
    Perhatikan, sebelum menjalankan perintah – perintah no. 1 – 4, Anda diharuskan memiliki koneksi internet cadangan yg tidak berbasis network manager! (misal wvdial)

     

    sudo apt-get remove –purge network-manager*

     
  3. Disable Repository ppa
    Buka Synaptic Packages Manager. Klik menu Repositories, lalu pilih tab Other Software. Disable repo network manager dari ppa

    Disable Repo NM dari ppa

  4. Install network manager bawaan Lucid (defaultnya)
    Tutup Synaptic Packages Manager, lalu balik ke terminal. Ketik :

     

    sudo apt-get update

     

    sudo apt-get insall network-manager

     
  5. Restart PC/ Laptop
     
  6. Colokin modem, setting network manager
    Cukup jelas, karena saya gunakan screenshot 😀


    Klik kanan pada ikon network manager. Pilih menu Edit Connections…
    Setelah muncul windown Network Connections, pilih tab Mobile Broadband. Klik tombol Add


    Berikutnya, akan muncul window untuk melakukan setup koneksi. Ikuti saja, sesuai gambar.

    Setup Koneksi - 1

    Setup Koneksi - 2

    Setup Koneksi - 3

    Setup Koneksi - 4

    Setup Koneksi - 5

    Setup Koneksi - 6

    Jika sudah, klik kiri pada Network Manager Applet, lalu pilih nama koneksi yang baru saja dibuat. Network manager akan mencoba melakukan koneksi, yang ditandai dengan perubahan icon network manager.

    Loading..

    Konek

Bagaimana? Mudah bukan? 😀

20 thoughts on “Langkah Konek Internet Haier CE100 dengan Network Manager Lucid

  1. boleh shere ubuntu gak…beneran ni aq tanya serius gak neko-neko…hehe

    > kemaren saya coba update Synaptic package manager bisa berhasil..tapi ketika install ¨apt-get install libssl0.9.6¨ ..utnuk install ymassagers..kenapa kok laporanya gini ¨Could not get lock /var/lib/dpkg/lock – open¨ why..??

    kasih pencerahnya master…

  2. ikutan nanya nih, saya sudah seting dan sudah konek, tapi g’ bisa browsing ngeping aja g’ bisa tapi anehnya klu pake internet remote client (remote pc lain pake rdc) sukses…

    kira2 apa yang salah yah….

    help dunk

    thx

  3. Pingback: [Mudahnya] Internetan dengan Haier CE100 di Lucid Lynx « Jujur, saya pake linux . . . ^^
  4. saya coba pake wvdial bisa connet…

    pake network manager juga kedetect, cuma pas dial itu ga connect2, setelah abis di dial pake network manager, aku coba pake wvdial, ternyata modemnya “not responding”…

    terus saya coba logout, colok modem lagi, dial pake wvdial dan bisa connect dengan lancar..

    ps : saya pake Lucid Netbook Editiion, belum update network manager…

    • @Kifni

      Kalau pake NM, kadang memang seperti itu.. sulit konek. Nah, kalo sebelumnya konek pake NM, trus nyoba konek pake wvdial memang gitu. tanpa logout jg bisa, yang penting modemnya dicabut dulu, trus dipasang lagi..

  5. klo pake modem zte ac 2726 caranya gmn gan biar bisa konek pake network manager? ane nyoba2 ga’ berhasil trus… 😦

    oh iya, ane pake ubuntu 10.04

  6. saya sudah coba dengan cara diatas, akhirnya bisa connect dengan lancar dan gak putus2. tapi setelah saya restart komputernya abis itu gak bisa connect lagi. terus saya ulangi lagi. alhasil tetep nggak bisa. kemudian saya coba restart dan masuk windows, saya coba connect langsung bisa. saya restart lagi dan masuk ne ubuntu. eh ternyata langsung connect gak perlu ngulang lagi. saya pikir, apa harus setiap mau connect dipancing dulu pake windows dulu? soalnya udah tak coba lagi gak bisa lagi. dan harus dipancing pake windows dulu.. 😦

Leave a Reply

