[Mudahnya] Internetan dengan Haier CE100 di Lucid Lynx

—————————————-[ BEGIN UPDATE ] —————————————————–

Setelah saya coba lagi, ternyata dengan mudah kita dapat melakukan koneksi ke internet menggunakan Network Manager Ubuntu. Entah sejak kapan hal ini bisa dilakukan, padahal seingat saya waktu fresh install Lucid Lynx, modem ini tidak dapat digunakan bersama network manager. Hmm.. Jadi bingung sendiri.. -_-”

Ini jg berkat teman yang mengingatkan, kalo dia bisa dengan mudah konek menggunakan network manager Lucid.. Trima kasih berat deh. 😀

—– [ BEGIN UPDATE ] ——-

Duh, ntah knapa saya sedikit bermasalah ketika menggunakan network manager untuk melakukan koneksi ke inet dengan modem ini. Saya lebih milih menggunakan gnome-ppp, versi GUI dari wvdial.. Lebih stabil soalnya >,<

—– [ END UPDATE ] ——-

—————————————-[ END UPDATE ] —————————————————–

Sudah hampir 5 hari saya menggunakan Lucid, dan sejak hari pertama langsung bisa berinternetan dengan modem EVDO Haier CE100.  Saya dapat dengan mudah melakukan koneksi ke internet, dengan bantuan wvdial.. Tidak seperti di Karmic yang notabene membuat saya sedikit “frustasi” akibat network manager gnome yang buggy sehingga saya harus mendowngradenya dengan bersusah payah.. (meskipun katanya bisa pake wvdial, sih )

Pada rilis kali ini, sepertinya tim pengembang telah secara default melakukan patching terhadap modul options – yang setau saya merupakan driver modem USB EVDO yang digunakan untuk Haier CE100.

Gini nih, cara sederhana konek ke internet menggunakan modem EVDO Haier CE100 dengan bantuan wvdial.. 😀

  1. Install wvdial (repo harus terupdate ya.. ^^)

    sudo apt-get install wvdial

     
  2. Setting wvdial.conf
    File konfigurasi ini berisi setting yang mengatur bagaimana koneksi dilakukan oleh modem 😀

    sudo gedit /etc/wvdial.conf

    hapus semua isinya, lalu paste settingan berikut ini :

    [Dialer Defaults]
    Modem = /dev/ttyUSB0
    Baud = 460800
    Init1 = ATZ
    Init2 = AT Q0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
    Phone = #777
    Username = smart
    Password = smart
    Ask Password = 0
    Dial Command = ATDT
    Stupid Mode = 1
    Compuserve = 0
    Idle Seconds = 300
    ISDN = 0
    Auto DNS = 1
    FlowControl = CRTSCTS

    wvdial.conf

    File konfigurasi wvdial.conf

  3. Colokin modem, tunggu bentar sampai icon smart muncul di desktop atau nautilus.. saat ini modem masih dikenali sebagai storage device.. Nah, langsung saja klik tombol eject. ** Ketika di-eject, maka secara otomatis akan diswitch menjadi modem.. tanda – tandanya seperti ini 😀
    modem-dmesg

    Hasil dmesg saat modem di-eject

    Update :
    Kalo mau Ubuntu meng-eject modem secara otomatis, bisa lakukan cara seperti ini :

    sudo gedit /etc/udev/rules.d/99-evdo-modem.rules

    Nah, isi dengan perintah berikut ini :

    SYSFS{idVendor}==”201e”, SYSFS{idProduct}==”2009″, RUN+=”/usr/bin/eject %k”

    save, lalu close.. trus restart komputer/ laptopnya..

  4. Jalankan wvdial
     

    sudo wvdial

    kira – kira tampilan seperti ini ketika menjalankan wvdial

    dialing-wvdial

    Dial dengan menggunakan wvdial

Tinggal tunggu aja,, gak berselang lama, kita langsung dapet IP dan DNS, terus udah bisa internetan dah 😀

gampang kan?? ^^

17 thoughts on “[Mudahnya] Internetan dengan Haier CE100 di Lucid Lynx

  1. nice post bro..

    windows mobile saya juga mudah,..,malah tak perlu install driver atau seting apapun..tinggal share dari hape langsung konek…klo diwindows XP/seven harus pake driver..

    • @Rifqi

      yaiyalah mas,, tuh modem kan aslinya emank buad windows. ^^
      dan setau saya, di XP udh otomatis keinstall drivernya waktu dicolokin, juga gak perlu nyetting apa2 😀

      kalo di lucid, menurut saya jauh lebih sederhana, jika dibandingkan waktu berusaha konek di karmic T,T

  2. wah info ini nih yg kucari2, selama ini pake karmic dah putus asa nyambungin ce100. ane coba dulu ya gan. tengs infonya. kalo berhasil minta ijin copas ya… 😀 salam kenal.

  3. kalau saya gak perlu pakai wvdial mas.. pas di colokin modemnya langsung kedetek oleh network manager.. tinggal next next masukin username=smart password=smart langsung konek.. 🙂

    • @mazhel

      wah, kok bisa ya?
      di tempat saya, meskipun didetek oleh network manager, tapi tetep aja gak bisa konek. Pasti indikator loadingnya jalan terus, tapi ujung2nya gak bisa konek.. Aneh.. –”

      kalo bole tau, spesifikasi ubuntunya bejimana mas?

      biar bisa jadi perbandingan 😀

      Setelah saya coba lagi, ternyata sekarang bisa konek langsung menggunakan network manager..
      Padahal waktu awal install Lucid, saya udh coba berkali – kali tapi selalu gagal konek –“

      • Mas,
        Tolong di share gimana konek pake Network Manager.
        Saya ikutin caranya dan berhasil.

        Nah, pengen juga nyoba pake Network Manager.
        Minta langkah-langkahna. Soalnya saya coba gak bisa melulu.

        Si ateng juragan kayu.
        Teng Q

        Salam,
        barakatax

        • @barakatax

          Maap mas, memang beberapa hari yang lalu saya bisa konek pake Network Manager. Tapi, dari tadi saya coba lagi ternyata terus gagal. Saya juga bingung kenapa bisa gagal, padahal beberapa hari yg lalu ketika meng-update artikel ini masih bisa menggunakan Network Manager.

          Saya juga masih mencoba, namun untuk saat ini saya masih menyarankan mas menggunakan wvdial sebagai dialer, dan gnome-ppp sebagai GUI untuk mempermudah melakukan koneksi ke internet.

          Sekali lagi, maap >,<

          Ternyata bisa langsung konek, jika sebelumnya mas gak pernah melakukan update network manager dari ppa launchpad. Alasan mengapa saya mengalami kegagalan tadi karena telah saya melakukan update network manager sebelumnya. Hmm.. kesimpulannya, dengan network manager bawaan lucid, kita dapat dengan mudah terkoneksi ke internet. 😀

          https://pakeklinux.wordpress.com/2010/06/01/langkah-konek-internet-haier-ce100-dengan-network-manager-lucid/

  4. Pingback: [wvdial] Koneksi Putus Tiap 50 Menit?? Not any more! « Jujur, saya pake linux . . . ^^
  5. saya mau tanya..
    saya punya modem ce100 smart..
    saya baru install linux ubuntu terbaru 10.10
    sudah di coba install di linux tapi ko modem tidak muncul2 ya.
    sudah di coba berulang kali tapi tetap gagal..
    mohon bantuannya

    • sebenernya sudah langsung detek mas, cuman perlu di eject dulu ..
      mas buka aja text editor, trus kopi skrip di bawah ini :

      SYSFS{idVendor}==”201e”, SYSFS{idProduct}==”2009″, RUN+=”/usr/bin/eject %k”

      simpan di folder /home/username_mas/ dengan nama file : 99-evdo-modem.rules

      trus buka terminal, ketik :
      sudo cp 99-evdo-modem.rules /etc/udev/rules.d/

      restart kompi, colokin modemnya. Tunggu 1 menitan, trus cek di network managernya. Seharusnya modemnya udh kedetek otomatis 😀

  6. Bagaimana settingan di wvdial agar kecepatan modem EVDO (3,1 mbps) bisa didapat? Soalnya yang saya tahu kecepatan maksimal module usbserial sekitar 500 kbps. Saya ingin menggunakan modem venus vt80 yang belum dikenali dengan baik oleh linux, jadi harus menggunakan module usbserial.

    • wew , saya rasa setting aja parameter “Baud” jadi 460800 .
      pengalaman , saya bahkan pernah dapet speed 1Mbps jika ditest menggunakan speedtest ketika menggunakan modem ini (dan paket data Silver dari Smart)
      saya sendiri belum pernah menggunakan paket Platinum (atau semacamnya) yang memberikan kecepatan akses hingga 3.1Mbps, jadi belum bisa memberi jawaban pasti..

Leave a Reply

