[Review] Ubuntu 10.04 Lucid Lynx (32Bit) di Laptop Acer 4530

Huff, sedih rasanya.. (knapa?)

 

Gara – gara baru sempat review Ubuntu 10.04 ini.. padahal sudah dirilis sejak tanggal 29 April (30 disini).. Sebenarnya pingin langsung nyoba, setelah – saya download update Ubuntu ini menggunakan zsync biar lebih cepat dan hemat – tapi berhubung ada tugas kuliah, jadi saya urungkan untuk install 10.04. Baru kemarin lusa tugas kuliah selesai, langsung saya fresh install aja Lucid ini di partisi Karmic sebelumnya >,<

 

Hmm.. yap, sesuai janji kepada beberapa teman, saya bakal bahas/ review sedikit tentang Lucid ini.. (mudah – mudahan belum kadaluarsa, mengingat releasenya yg sudah 1 minggu lebih >,<). Lalu, bagaimana pendapat saya tentang rilis kali ini, yg kata orang lebih maknyus?? Mari, disimak sama – sama.. 😀

Sebagai catatan/ perbandingan, saya menggunakan Laptop Acer Aspire 4530 dengan spesifikasi kurang lebih seperti berikut :

 
  1. Prosesor : AMD Turion X2 RM-70 2.0Ghz
  2. VGA : NVidia GeForce  9100M G 512MB (shared)
  3. RAM : 2GB (1.7GB setelah kepotong VGA >,<
 

Selama 2 hari menggunakan Lucid, perbedaan mencolok yang saya tangkap adalah dalam hal kecepatan booting dan tampilan yg (sekali lagi), membuat saya terkagum – kagum.. (sok lebay..). Ya, benar saja, booting Lucid di laptop saya tidak sampai 30 detik.. lebih cepat daripada fresh install karmic sebelumnya >,<

 

Oke deh, mulai ke review yang lebih detail.. Seperti biasa, saya bagi ke dalam beberapa kategori.. Nyok, dibaca.. 😀

  1. Boot Splash & Boot Time
    Dari menu Grub, tampilan layar full gambar, tanpa ada menu text sedikitpun. Warna yang dipilih tim pengembang bernuansa ungu.. sungguh nyaman dipandang mata.

    ubuntu 10.04 grub splash

    Ubuntu 10.04 LiveCD Boot Splash

    Ketika ditekan sembarang tombol keyboard, pilihan menu booting baru ditampilkan. Yang membuat saya kaget adalah, font yang digunakan pada teks “Ubuntu”, sedikit berbeda dari font Ubuntu yang biasa digunakan. Logo Ubuntu pun sedikit berubah..

    ubuntu 10.04 grub menu

    Ubuntu 10.04 Grub Menu

    ubuntu 10.04 boot splash

    Ubuntu 10.04 Boot Splash

    Seperti yang telah saya katakan di awal, waktu booting yang dibutuhkan oleh Ubuntu cukup memukau.. cepat dan terasa ringan.. 😀

    Tampilan login user terlihat biasa saja.. Maaf, tidak ada screenshotnya.. Saya bingung cara meng-capture-nya.. >,<

  2.  
  3. Desktop Interface (What’s new?!)
    ubuntu 10.04 desktop

    Ubuntu 10.04 Desktop

    gambar di atas ini tampilan awal desktop Lucid.. yah, itulah defaultnya..

    Ubuntu 10.04 nautilus

    Ubuntu 10.04 - Nautilus File Browser

    di atas ini merupakan tampilan Nautilus File Browser, secara sekilas masih sama dengan sebelumnya. Namun pada update ini menu bar dapat disembunyikan.. Tema default pada Lucid adalah Ambiance. Tema yang kurang bagus menurut saya, terutama masalah peletakan tombol kontrol window yang secara default berada di sebelah kiri.. (meskipun mudah jika ingin menggantinya, cukup dengan edit konfigurasi gnome melalui gconf-editor).

    Ubuntu 10.04 Themes

    Ubuntu 10.04 Themes

    tidak terlalu jauh perbedaan dari Karmic Koala.. Posisi menu juga masi sama, standar Gnome.. 😀

  4.  
  5. Software
    Hal pertama yang mengecewakan (menurut saya) adalah tidak disertakannya Gimp secara default.. Gimp merupakan aplikasi yang sangat – sangat berguna menurut saya, karena saya biasa membuat wallpaper atau desain interface menggunakan Gimp. arrgghh.. Sungguh aneh!! >,<

    Screenshot di bawah ini merupakan desktop saya setelah dikustomisasi. Terlihat berbeda dengan screenshot – screenshot sebelumnya 😀

    Ubuntu 10.04 Gimp

    Ubuntu 10.04 Gimp

    Browser, default masih Mozilla Firefox.. Saya sendiri sudah lama tidak menggunakan Mozilla sejak Google Chrome versi Linux dirilis.. Saya melihat perbedaan yang sangat jauh di antara keduanya.. Dan saya memutuskan menggunakan Chrome. 😀

    Aplikasi IM (Instant Messaging)  masih menggunakan Empathy. Ditambah satu lagi, Social Client menggunakan Gwibber. Melalui Gwibber, kita dapat login ke dalam Social Networking site, seperti Facebook dan Twitter, secara bersamaan. Saya sendiri jarang menggunakannya (karena tidak punya akun social networking).

    empathy dan gwibber

    Ubuntu 10.04 - Empathy dan Gwibber

    Game, yang notabene secara default ada banyak di Karmic, dikompress jadi sedikit.. Salah satu game yang saya sukai dan sangat keren adalah gBrainy. Such a great one, I think.! 😀

    ubuntu 10.04 - gbrainy

    Ubuntu 10.04 - gBrainy

    satu aplikasi yang malah menurut saya kurang begitu perlu adalah Pitivi Video Editor.. >,<
    Selebihnya, aplikasi yang disertakan kurang lebih sama seperti Karmic.

  6.  
  7. Hardware
    Hampir terlupakan.. kategori satu ini cukup penting.. All works out of the box.. Wireless, LAN, Sound, VGA (non-openGL). Sebagai perbandingan, ini nih detail hardware saya..

    Wireless Card : AR5001 Wireless Network Adapter
    LAN Card : BCM5764M Gigabit Ethernet PCIe
    VGA Card : nVidia Corporation C77 [GeForce 9100M G]
    Sound : MCP72XE/MCP72P/MCP78U/MCP78S High Definition Audio

    Yang membuat saya sedikit kesal..yakni tentang modem CDMA Haier CE100. Pada rilis sebelumnya – Release Candidate – modem ini dideteksi dan dapat digunakan berdampingan dengan NetworkManager.. Namun sayang, ketika rilis Final ini malah jadi tidak support.. Sungguh aneh, dan membuat kesal.. Solusinya, saya menggunakan wvdial untuk dapat konek internet menggunakan modem ini. Nanti saya buatkan jg tutorialnya.. 😀

    Driver proprietary NVidia juga tidak bisa diinstall seperti biasa.. alhasil, saya harus googling lagi untuk cari solusinya.. 😀

  8.  
  9. Overall..
    Secara keseluruhan, saya sangat terkesan dengan perubahan pada rilis kali ini, terutama dari segi tampilan booting yang memukau. Tidak salah dipilihnya Plymouth sebagai graphical boot interface/ animation.. Sip lah pokoknya..

    Tidak hanya tampilan, proses booting jg terbilang sangat cepat.. 😀

    Games gBrainy sangat keren!! Namun sayang, aplikasi olah citra digital seperti Gimp tidak disertakan! Poin minus bagi Lucid..

    Yap, dibalik tampilan grafis yang menawan dan performa booting yang dapat dikatakan maknyus, ternyata masih banyak juga kekurangan yang saya temukan.. Nothing perfect in this (digital) world  (like people said)

     

    Overall, saya bisa katakan rilis ini worth lah untuk dicoba (install dan gunakan sehari – hari).. Satu lagi, rilis kali ini adalah LTS (Long Term Support), yang artinya versi desktop ini bakal di support hingga 3 tahun.. seperti rilis Ubuntu 8.04 Hardy Heron..

 

Sekian dulu deh reviewnya, semoga berguna buat teman – teman semua..

35 thoughts on “[Review] Ubuntu 10.04 Lucid Lynx (32Bit) di Laptop Acer 4530

  1. mo nanya dong gan,, saya pnya NB acer asphire 4530 yang terinstall ubuntu jaunty, sound on board juga bekerja tapi ketika saya pasang speaker, suara tetap keluar lewat sound on board.. tolong petunjuknya

    • setau saya kalo di jaunty masih harus manual matikan speaker laptopnya. caranya :
      klik kanan icon speaker di pojok kanan atas. trus pilih preferences. agan mute aja yg ada namanya “Front” (maap, saya jg rada lupa.. namanya apa ><)

      😀

  2. mas, saya mau tanya
    laptop saya sama nich kayak punya mas acer 4530, sakarang saya menggunakan ubuntu 9.04
    1. apakah jika saya install 10.04 hardware acer 4530 sudah ke detect semua (tidak perlu mencari driver2 lagi)???
    2. klo saya di 9,04 saya menggunakan aplikasi vmwere untuk instalasi microsoft xp (karena ada aplikasi di perusahaan masih belum support ubuntu) nah klo di 10.04 ada ndak mas??klo ada mohon infonya

    terima kasih sebelumnya

    • 1. selain, VGA, semuanya berjalan lancar. Kalo mau menjalankan effect 3D, harus install dulu driver NVidia secara manual. 🙂

      2. Kalo di Linux, salah satu aplikasi Virtual Machine yang bagus adalah Virtualbox. Menurut saya, Virtualbox sudah lebih dari cukup 🙂

Leave a Reply

