Turn OFF Wireless saat StartUp di Ubuntu

Sekilas..

Koneksi wireless sekarang dengan mudah dapat kita nikmati. Wireless broadband dengan modem, maupun koneksi wireless dengan Wireless LAN Card biasa. Hmm.. Bagi teman2 yang masi sekolah (SD/ SMP/ SMA) ataupun kuliah, biasanya dapat menikmati fasilitas wireless hotspot ini secara gratis di sekolah masing2..
 
Saya memutuskan untuk membeli USB wireless modem untuk memenuhi kebutuhan internet sehari – hari. Sebelumnya, (mungkin) seperti kebanyakan teman2 lain, yang biasa hunting hotspot gratis (entah di cafe, atau tempat lain) :D. Mungkin jg banyak yang menggunakan fasilitas yang disediakan sekolah. Hmm… Seperti saya (sebelum punya modem). Memang, fasilitas ini sangat membantu bagi saya. Namun di sisi lain masih memiliki keterbatasan, yakni masalah waktu. Ya, tidak setiap saat saya dapat ke kampus untuk menikmati akses internet. ๐Ÿ˜ฅ
 

Case..
Setelah sekian lama menggunakan modem untuk akses internet, kebiasaan lama -hunt hotspot gratis- pun hilang.. Ya, di kampus pun saya sangat jarang menggunakan wireless. (padahal salah satu alasan, karena fasilitas wireless di kampus akhir2 ini tidak terlalu bagus -sering tidak dapat digunakan online-)
 
Hingga, beberapa hari ini ada teman yang menanyakan sesuatu pada saya.. Mudah2an saya tidak menyalah artikan maksud pertanyaan teman saya tersebut.. Jika tidak salah tangkap, salah satu inti pertanyaannya adalah gimana cara menon-aktifkan wireless saat startup.
 
Hmm.. kalau dipikir – pikir, sepertinya akan berguna juga untuk saya, mengingat saya sudah sangat jarang menggunakan fasilitas wireless LAN dikampus (dan tempat lainnya). Dan terkadang kesal jg, karena tiap kali menyalakan laptop, maka wireless akan secara otomatis men-scanning koneksi yang ada. -sama dengan buang2 waktu dan resource, menurut saya-
 
 
Solution.. ๐Ÿ˜€
Oke, jadilah saya searching menggunakan Google, dan menemukan sebuah solusi dari launchpad.net ๐Ÿ˜€
Cara tersebut berhasil, karena sudah saya coba. Berikut ini caranya, saya ย kutip dari sini, namun dengan sedikit perubahan -menggunakan gaya penyampaian saya-
 
** catatan, saya menggunakan Ubuntu 9.10. Untuk versi Ubuntu lain silakan menyesuaikan.. ๐Ÿ˜€
 
#1 ย  Buka StartUp Application dari menu System > Preferences > StartUp Applications
 
#2 ย  Klik tombol Add, lalu isi field – field yang ada sesuai keinginan Anda.ย Namun, khusus untuk fieldย command, isi perintah berikut :
 
dbus-send –system –type=method_call –dest=org.freedesktop.NetworkManager /org/freedesktop/NetworkManager org.freedesktop.DBus.Properties.Set string:org.freedesktop.NetworkManager string:WirelessEnabled variant:boolean:false
 
perhatikan bagian yang di-bold.. false menyatakan OFF, sedangkan true menyatakan ON
 
#3 ย  Lalu simpan dengan menekan tombol Add.
 
#4 ย  Restart Laptop untuk merasakan perubahannya.
 
Perhatikan network manager pada system tray (bagian kanan panel atas pada desktop), klik kanan, maka akan terlihat bahwa “Enable Wireless” pada kondisi OFF (tidak dicentang). Sekarang, wireless LAN Card tidak akan otomatis mencari koneksi saat startup, cukup mengurangi beban saat start up.. hahaha.. (sepertinya gak ada bedanya)
 
 
Mudah bukan? Selamat mencoba, semoga berhasil.. semoga membantu.. ๐Ÿ˜€
 
 
Sumber :
9 thoughts on “Turn OFF Wireless saat StartUp di Ubuntu

  1. Thanks banget boss, cari2 sana kemari gok teh disini dapetnya…
    request : sekalian buat bluetooth nya, laptop sy selalu on bluetoothnya saat boot…
    ๐Ÿ™‚ hehe nambah

  2. kok di netbook saya wirelessnya kadang suka tiba2 tidak ke detek.
    pake lshw juga gak ada, yang ada cuman ethernetnya aja.
    tp kadang ke detek
    punya solusi???

      • saya pake ubuntu 10.04 desktop wireless atheros, ketika nyala pake perintah lspci munculnya atheros AR5001.
        tapi pas lagi gak detek, di lspci gak ada wirelessnya, di network manager juga cuman ethernet doang. bingung saya..
        yang pasti asyik kutak katik di linux ….

        salam igos center kutai kartanegara

Leave a Reply

