[SOLVED] Huawei E172 di Ubuntu 9.10 Karmic Koala

Ubuntu dan Huawei E172

 

Ubuntu 9.10

Di balik tampilan dan performa ‘wah’ yang disuguhkan release ini, ternyata Ubuntu 9.10 masih memiliki banyak bug yang menyertai.. huuhh.. jadi heran juga.. padahal sebelumnya sangat antusias pada release ini..

 

Problem..

Oke, langsung aja ke problem yang saya temui beberapa hari lalu.. Sebenernya udah solved dari beberapa hari lalu, tapi baru bisa posting sekarang.. Problemnya adalah masalah koneksi dengan modem GSM Huawei E172. Modem ini saya pinjam dari senior di Lab. PK&M, untuk nge-test kekuatan sinyal IM3 di kos – kosan saya.

Sebelumnya, modem ini, kata sang empunya, dapat berjalan mulus di Ubuntu 9.04 tanpa instalasi/ oprek2 apapun.. Cuma perlu nyetting parameter koneksi untuk Telkomsel Flash. Wah, saya dengernya seneng, karena kalo di Ubuntu 9.04 bisa, harusnya di Ubuntu 9.10 bisa juga..

Nah, singkat cerita, itu modem udah saya pinjem, dan udah di kos – kosan.. Langsung colok ke laptop isi Karmic, dan…

I.    Modem dideteksi dengan baik – tau dari perintah lsusb di terminal

II. Ga bisa bikin koneksi baru, karena modem ga didetek sama Connection Manager (Mobile Broadband Wizard) <- this is the problem..

 

Solusi

Setelah browsing2, ternyata masalahnya ada pada network-manager yang perlu diupdate. Update network-manager ini melalui PPA (Personal Packages Archive), dan itu cukup mudah dilakukan. Untuk network-manager sendiri, versi terakhir berdasarkan PPA adalah 0.8~a~git.20091114t224258.cfb2b72-0ubuntu1~nmt1~karmic.

 

Update network-manager lewat PPA

Update network-manager lewat PPA ini cukup mudah dilakukan. Pada intinya kita hanya perlu menambahkan repository PPA ini ke dalam Software Source sehingga nantinya update – update tersebut tersedia di Packages List.. Di sini, kita menggunakan terminal dan gedit untuk proses updatenya.. Berikut langkah – langkahnya :

 

#1  Tambahkan repository PPA ke dalam file sources.list

sudo gedit /etc/apt/sources.list

tambahkan kedua baris di bawah ini pada akhir file

deb http://ppa.launchpad.net/network-manager/trunk/ubuntu karmic main
deb http://ppa.launchpad.net/network-manager/trunk/ubuntu karmic main

jika sudah, save file ([CTRL] + [S]), lalu tutup gedit.

 

#2  Tambahkan keyserver (auth key, untuk memvalidasi PPA)

sudo apt-key adv –keyserver keyserver.ubuntu.com –recv-keys BC8EBFE8

 

#3  Update repository

sudo apt-get update

 

#4  Update network-manager

Buka Synaptic Packages Manager (dari menu System > Administration > Synaptics Packages Manager), cari packages dengan nama network-manager. Klik kanan, pilih “Mark for Upgrade“. Klik tombol Apply.

Seharusnya saat ini Synaptic akan mendownload dan menginstall update baru network-manager.

Setelah itu restart komputer/ laptop dan coba untuk konek dengan modem Huawei E172 tercinta milik (teman, pacar, atau sahabat) Anda…

 

Kalo belum tau cara koneksi, saya kasi tau deh..

Klik kanan pada icon network di system tray (panel bagian kanan atas)..

Pilih menu “Edit Connections

Pilih tab Mobile Broadband, klik tombol Add.. Nanti ada list device, seharusnya modemnya udah ada di list tersebut.

Selanjutnya, isi aja sesuai dengan konfigurasi Provider Anda.. Saya lupa juga, berhubung modemnya udah saya balikin, jadi ndak bisa coba lagi.. 😛 hehehehe..

 

SMANGAT!!! ^^

 

Sumber :
http://www.qx100.com/en_sj/2008-12/19/20081219175229457.jpg <– Huawei E172 picture
https://edge.launchpad.net/~network-manager/+archive/trunk
https://edge.launchpad.net/+help/soyuz/ppa-sources-list.html

Advertisements

21 thoughts on “[SOLVED] Huawei E172 di Ubuntu 9.10 Karmic Koala

    • @2bup

      yap, sama2 😀

      hmm.. untuk yg zte sy kurang tau jg, belom pernah coba jg. Coba mas googling aja, sepertinya banyak ada di internet solusinya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s