[Review] Ubuntu 9.10 Karmic Koala Stable Release di Acer 4530

Karmic.1024,CD-label

Wah, pertama – tama saya ingin bilang kalo saya kecewa berat.. Kenapa?

Karena saya baru bisa posting 2 hari setelah Ubuntu 9.10 Stable resmi di-release oleh Ubuntu Development Team.. Okey, udah, dilupakan ajah.. yang penting tetep posting, ahahahahah….
Hohohoho...

Hmmm… Sebenernya, review ini merupakan pelengkap dari review versi RC sebelumnya. Setelah cukup dipuaskan oleh tampilan booting yang baru, kali ini setelah menginstal yang final ini, saya kembali dikejutkan! Nanti kita bahas kejutannya..

Di sini ada beberapa hal yang ingin saya konfirmasikan kepada para pembaca, khususnya untuk pemilik Acer 4530. Mengapa pengguna Acer 4530? Karena laptop saya adalah Acer 4530 :-P, jadi kalo review langsung dari yang punya laptop bertipe sama, akan lebih terpercaya.. ahahahahhaa..
Kacamata Rokok

Oke, inilah beberapa hal tersebut.. ^^

  • Grub – Grand Unified Boot Loader
    Mengapa Grub?? hal ini arena di final release 9.10, versi Grub yang disertakan adalah versi 1.97beta!!!! Why???? Mengapa harus beta?? Entah apa pertimbangannya, mengapa para Developer harus menyertakan Grub versi BETA, padahal denger2 kalo Grub yang bakal disertain adalah Grub v2.. Grrr..!! Jadi heran..
    Kalo diinget-inget, kejadian ini mirip di release Ubuntu terdahulu (9.04 atau 8.10, ya? saya kurang hapal), dimana para pengembang memutuskan untuk meng-include Firefox versi BETA!! Sungguh keputusan yang sangat aneh menurut saya waktu itu..! Fiuhh…
    Ternyata Grub yang terinstall udah versi 2, tapi gak tau kok di bootmenu grub masih versi 197beta4 >,< Perbedaan yang saya tau untuk Grub 2 ini adalah support background image yang lebih bagus, bisa dalam format PNG atau TGA.. Otomatis, kualitasnya Guudd..!! ^^ Sory untuk informasi yang salah kemaren.. >,< peace..!!
  • Booting!
    Masih pake Upstart untuk booting, seperti halnya Ubuntu 9.04.. Terasa cukup cepat! seperti awal nginstall Ubuntu 9.04 dolo.. Tapi saya ga jamin kalo saya udah install2 aplikasi yang banyak.. hahahaha.. ^^Salah satu yang saya sukai dari Ubuntu 9.10, yakni bootsplashnya yang simpel, hanya sebuah logo Ubuntu berwarna putih..
  • XServer Loading dan Login Screen
    Loading xserver menurut saya sangat keren! sipp!! yang bagus juga adalah Login Screen-nya.. Tapi masih belum tahu, apakah Login Screennya masih sama settingnya seperti dulu, karena saya pernah baca, itu Login Screen ditulis ulang scriptnya.. >,<
  • Desktop
    [Ganti]: Human-theme Color.. sekarang warna default untuk Human bukan coklat yang agak orange, tapi yang coklat-bener! gelap!
    [Ganti]: Humanity-icons.. Icon2 baru, masih mirip2 sama human.. ada icon khusus untuk folder2 khusus, seperti Documents, Picture, Music, dll. Bagus kok, apalagi icon di System Tray-nya.. gud.. ^^
    [Nambah]: Wallpaper yang disertakan, lebih bervariasi.. bagus2 kok wallpapernya..
    Ubuntu 9.10 Folder - Theme - Wallpaper
  • Software
    [Ganti]: Pidgin, sekarang diganti Empathy IM CLient.. Sepertinya ga jauh sama pidgin d.. dari pengatura, dllnya.. Tapi kayaknya masih bagus Pidgin.. 😛

    Empathy IM Client

    Empathy IM Client

    [Ganti]: Add/Remove Software, jadi Ubuntu SOftware Centre, lebih kretif.. lumayan..

    Ubuntu 9.10 Software Centre

    Ubuntu 9.10 Software Centre

    [Nambah]: Palimsest Disk Utility (Ato Disk Utility aja), bisa liat partisi2 di HDD, bisa mount, unmount, dll..

    Palimsest Disk Utility

    Palimsest Disk Utility

    [Nambah]: Ubuntu One
    “Ubuntu One is your personal cloud. You can use it to back up, store, sync and share your data with other Ubuntu One users.”

    Oke, 2GB free space untuk Ubuntu user.. bisa untuk nyimpen data, hahaha.. lumayan..

    Ubuntu One HomePage

    Ubuntu One HomePage

    Layout menu Game berubah, tapi anehnya, hampir semua game di Ubuntu maen logika, tapi kenapa hanya beberapa yang dimasukkin ke sub-menu “Logic”?

    Tambahan :

    Untuk update repository, mending jgn pake yang dari dl2.foss.web.id (kecuali yang pake TelkomSpeedy..), karena saya jamin, cukup lambat! (mungkin karena banyak yang update ke sana, jadi traffic server sibug..) Nah, setelah saya bandingkan dengan main server (dari archive.ubuntu.com), jd jauh lebih stabil dan cepat.. Mungkin kalo mau coba server Indo, boleh, tapi selain dl2.foss.web.id, hehehe.. *Cuma saran, tidak maksud menjelekkan dl2.foss.web.id! peace! ^^

    Download saya stabil di 30-40 KB/s, pake modem hape SE K530i, kartu IM3 pulsa GPRS 5ribu.. Dapet download 300MB lebih, jadi sekitar 1GB space harddisk kalo di install. lumayan, daripada nunggu DVD Repo, kelamaan.. 😛 hahahaha…

    Btw, nanti kalo udah agak lama, beberapa minggu lagi, baru pake dl2.foss.web.id, saya jamin, cepet setengah mampus, karena udah sedikit yang aksesnya (download2 packages).. hahahah…

  • Hardware..
    Nah, mungkin ini yang paling penting.. Sebagian besar udah di-support secara default, kecuali VGA..Wireless Atheros [OK] – jalan mulus seperti di versi sebelumnya, Ubuntu 9.04.
    Soundcard [OK] – namun dengan perubahan di preference, bisa ngatur volume untuk masing2 aplikasi!! ^^Satu lagi, di Ubuntu 9.10 sudah auto-switch untuk surroundSound (a.k.a LineOut). Jika kita ‘colokin’ headset atau sejenisnya di jack LineOut, maka volume Front (suara speaker aktif) bakal di-mute

    Sound Preferences - Each App Volume Control

    Sound Preferences - Each App Volume Control

    Bluetooth [OK] – dengan sedikit perubahan di preference

    Touchpad [OK] – kecuali untuk 2-finger scrolling yang belum bisa. Mungkin bisa dengan sedikit konfigurasi.. ^^

    CardReader [OK] – bisa untuk transfer lagu dari laptop ke memory hape saya..

    Untuk driver VGA, saya sarankan install yang versi 185 deh.. (jangan versi 190.42!). Karena waktu pake 190.42, panas yang didetek sama NVidia X Server Setting nyampe 80 drajat!!! bisa2 mleleh laptopnya >,<

    Untuk TvTuner Gadmei UTV 330+, saya akan coba install di Karmic, dan kalo berhasil akan saya posting nanti.. ahahaha.. just wait, it won’t take a long time, okay!? ^^

  • Shutdown & Suspend (StandBy)Satu kata, GILA..!!Kemaren malem, waktu mau nge-laundry baju, laptop saya matikan.. saat itu ada mas Sigit juga, dan….. Betapa kagetnya saya, karena HANYA 7 DETIK untuk nge-shutdown (sampe bener2 mati)!

    Awalnya, karena gak percaya, saya coba idupin lagi laptopnya, trus langsung saya shutdown, dan memang, SANGAT CEPAT! Kalo di laptop saya aja secepet itu, gimana laptop orang lain ya.. manteb dah, gan..! :maho

    Update:
    Untuk Suspend, sekarang udah bener2 normal.. ^^
    Sebelumnya di Jaunty, Suspend di laptop ini ga berjalan normal, a.k.a ga bisa idup lagi setelah diSuspend..

OVERALL

Gud looking, keren, (masih) cepet -tapi ntah kalo udah nginstall banyak aplikasi.. hahahahaha… Jika memang pingin, silakan nginstall, dijamin ndak rugi ^^

Let’s share the spirit of Ubuntu!! ^^

sumber:
pengalaman pribadi
http://ubuntu.com

43 thoughts on “[Review] Ubuntu 9.10 Karmic Koala Stable Release di Acer 4530

  1. untuk yang gak bisa install koala i368 di 4530,harusnya menggunakan ubuntu yang versi AMD 64. pasti lancir kayak di lapi saya,begitu juga kiriman dari shipit itu juga di peruntukankan lapi yang jenis intel.ubuntu makin asyiiiik aja.

    • @lutfil

      mungkin maksudnya i386.. ^^

      hmmm… punya saya lancar jaya kok, padahal pake yang i386.. Saya jadi heran, kenapa bisa berbeda hasilnya, padahal laptopnya sama.. :-S

  2. mantab , jadi pengen make ubuntu lagi, nungguin yg 10.4 LTS kagok bentar lagi hehe, laptopnya kebetulan sama, ntar review lagi ya gan hehe

    • @oyee

      oke deh gan, santai saja..
      Mudah2an secepatnya bisa langsung review, setelah yg stable releasenya terinstall 😀
      dan sepertinya, 10.04 ini makin mantab ae, LTS lagi.. jadi mungkin kagak saya ganti sampe 2013.. 😄

  3. Mas..saya install ubuntu 9.10 pada laptop acer 4530 sama kaya punya situ..
    kok wi-finya gak bisa connect ya??
    wifi kantor saya pke IP static.. saya sudah pasang IP nya tetep gak bisa connect internet, padahal status wereless’y connect dan lampu indikasin werelessnya nyala..
    kira2 kenapa ya mas..mohon pencerahanya..

    • @Ridla
      waduh, saya belum pernah ketemu kasus kyk gitu mas.. >,<
      apa sama skali gak bisa konek? kalau hanya sekedar ping gmn mas?

      o ya, cara mas setting IP statis gmn?

      • udah saya ping tetep RTO..saya udah coba setting IP statis lewat konsul (etc/network/interfaces)
        dan lewat Desktop…
        saya belum coba connect wi-fi yang DHCP..

  4. gan mau tanya dnk, kebetulan kita sama nih.. ubuntu 9.10 + acer 4530. tapi ane punya masalah dgn tombol wifi nya. driver sih ada.. tapi kenapa ya setelah tombolnya di offkan gak mau on lagi? ane mesti restart dulu baru dia on lagi..

    ngalamin hal yg sama gak? kalo gak mohon solusinya donk.. hehe

    kalo buat yg laen sih ok2 aja..

    thanks sebelumnya

    :nohope:

    • @Rahmad
      hmm.. seinget saia sih bisa kok, cuma agak lama.. (dan kadang2 jg, hehehehe)

      seperti masi memang bug kecilnya di ubuntu tuh
      kalo berminat, coba aja mas Rahmad update driver wirelessnya.. cara updatenya mas bisa baca di postingan saia di blog ini, “cara mengaktifkan LED wireless ar242x” 😀

      semoga memberi sedikit pencerahan 😀

  5. senior senior mohon pencerahannya…saya mw tanya gmana langkah langkah mw uninstall ubuntu 9.10 karmic koala pada pc saya…
    saya sudah bingung gmana mw uninstall ubuntu di pc saya mohon bantuannya

    • @helfri

      waduh, sayang banget kalo mo di-uninstall itu ubuntunya.. 😥
      install ubuntunya langsung di partisi kosong atau inside Windows?

      kalo langsung di partisi kosong, tinggal format aja partisi ubuntunya.. trus untuk balikin mbr, pake CD instalasi Windows (yg asli ya.. :P)
      kalo installnya inside Windows, tinggal diremove dari “Add Remove Program”

      huff.. kasian jg di-uninstall..

  6. buat wifi dan bluetoothnya gak idup pas start gimana ya? kan repot setiap idpin laptop harus rajin matiin manual..

    klo utk modem gimana ya? kemarin saya coba gak bisa modemnya..

    • @hebat

      ” buat wifi dan bluetoothnya gak idup pas start gimana ya? kan repot setiap idpin laptop harus rajin matiin manual.. ”

      mungkin maksudnya gini ?
      Kalo sepengalaman sy, blutut sama wifi AUTO ON waktu start.
      Jika mas pingin blutut mati waktu start, bisa disetting melalui :

      System > Preferences > Startup Applications.
      Hilangkan centang “Bluetooth Applet”

      Kalo disable wireless, caranya sama, yakni dengan menggunakan Startup Applications.
      Klik tombol Add, isi dengan sembarang nama.
      untuk “command”, isi dengan

      dbus-send –system –type=method_call –dest=org.freedesktop.NetworkManager /org/freedesktop/NetworkManager org.freedesktop.DBus.Properties.Set string:org.freedesktop.NetworkManager string:WirelessEnabled variant:boolean:false

      *perhatikan, yang di-bold (false) itu menandakan off/on. Jadi, false = auto OFF, dan true = auto ON.

      klik save. trus tutup.
      coba restart laptopnya 😀

      untuk modem, yg mas maksud modem merk dan seri apa nih?

      semoga membantu.

  7. wah thanks mas dibantu..
    modem uda saya coba yg di post yg lain..udah bisa tetapi klo udah disconnect, modemnya dicabut lalu dipasang lagi baru bisa lagi

    klo wifinya kok hidup pas start lalu dimatiin gak bisa diidupin lagi..jadinya harus restart lagi..
    saya dapat driver wifinya tapi bentuknya tar.gz..cara instalnya gimana ya?

    atau saya pake driver windows aja lalu pake wine?

    • @hebat

      hmm.. laptopnya 4530 jg?
      kalo iya, punya sy bisa normal, jadi ketika start sy non-aktifkan, trus sy pingin konek pake wireless, bisa langsung tanpa restart 😀
      udh coba solusi sy kmrn kan?

      untuk install driver wireless dalam bentuk tar.gz, coba postingan yg ini

      tinggal sesuaikan dengan versi driver yg mas download..

      semoga membantu.. ^^

Leave a Reply

