Film Animasi 3D karya Anak Negeri (Indonesia lah..)

Terasa sudah lama banget saya engga posting sesuatu >,< Kalo ditengok di bawah, Anda bisa lihat itu postingan terakhir saya tanggal 6 Agustus.. Jiaaahh.. lama banget bro!! >,< Ya memang seperti itu adanya, karena kesibukan akan beberapa hal, mulai dari perkuliahan dan **coba2** untuk mencari uang jajan tambahan, karena suply dari ortu juga terbatas, sedangkan saya menyadari bahwa kebutuhan saya akan semakin banyak saja **macam2**. Cari uangnya saya lakukan dengan mengerjakan proyek2 berupa sistem (program/aplikasi) web.. Fiuhh.. sungguh menguras waktu dan tenaga.. (ini sebenarnya karena tidak bisa mengatur waktu ajah kok, cih..)


Okey, kembali ke inti postingan. Iseng2 tadi browsing cari informasi tentang modem hsdpa Sierra 881u, yang rencanakan akan saya beli untuk memenuhi kebutuhan internet pribadi saya, tapi sayangnya itu modem udah discontinued jadi saya ragu untuk beli di pasaran sekarang. Takutnya yang beredar itu barang2 second (ini ga masalah) yang parah itu kalo refurbish (grrr….). Padahal itu modem cukup terjangkau dari segi harga, dan kualitas yang rata2 kata orang itu lumayan lah.. And the point is,Β  it’s LINUX READY! **tinggal kenangan, sudah** Don’t talk ’bout it anymore..
Depresi..

Btw, melenceng lagi nih dari inti pembahasan.. sori. Oke, setelah browsing2 ga tau gimana ceritanya (lupa), akhirnya saya nyampe di blog ini. Emm.. Padahal baru tadi, saya lupa juga artikel pertama yang saya baca disana. Setelah liat2 itu situs, saya tertarik dengan judul postingan “Film Animasi Pertama Indonesia yang GO Internasional” di bawah menu “Artikel Terpilih”. Langsung ajah saya klik. Nunggu 3 dtik (mungkin kurang), akhirnya seluruh halaman webnya selesai di-load. Jujur aja, saya engga baca itu artikel secara detil.. (sementara saya save, untuk dibaca detilnya offline diruma). Tadi itu saya cuma liat judulnya doang, trus sama gambar dan 2 buah video yang diembed dari youtube. Saya play aja video2 tersebut, dan menurut saya…dan.. WOOWW..!! Bener nih buatan Indonesia???

Yap, ternyata memang bener lho! Bener disini maksudnya bener bahwa proses pengerjaan dilakukan di Indonesia, tepatnya di Batam, di sebuah studio animasi bernama Infinite Frameworks (IFW). Memang bener pula, bahwa dari 150 orang animator yang ikud terlibat, 145 orang diantaranya adalah animator asli Indonesia, hanya 5 orang animator yang berasal dari luar negeri. Yah, meskipun dibuat di Indonesia, oleh sebagian besar animator2 Indonesia, namun sangat disayangkan bahwa tayang perdana film ini bukanlah di Indonesia.. hiks.. Namun tenang, berdasarkan keterangan dari pihak IFW sendiri, film ini akan segera ditayangkan di bioskop2 dalam negeri mulai 8-9 September 2009. Sabar aja ya..! ^^

Meraih Mimpi

Adalah judul film yang kita bicarakan ini. Film ini merupakan adaptasi dari sebuah buku berjudul Sing to the Down karya Minfung Ho. Buku tersebut menceritakan tentang kakak beradik yang berusaha melindungi tempat tinggal mereka dari kontraktor penipu. Dan uniknya, yang meminta untuk mem-film-kan buku karya Minfung Ho ini adalah pemerintah Singapura. Sebagai informasi, bahwa buku ini merupakan buku wajib baca di beberapa sekolah dasar di negara tersebut. Wah, yang nge-request Singapura euy.. hhhmmm… Percaya ato engga, film ini dibuat dalam jangka waktu yang cukup mengagetkan, yakni mencapai 3 tahun! dengn biaya mencapai 5 juta dolar AS.! krik krik krik.. waktu yang terbilang lama untuk pengerjaan sebuah proyek film animasi 3D dan dengan biaya yang cukup mahal. (cuma mnurut saya ajah.kacamata orang awam..) entah itu normal atau engga..

Meraih Mimpi - Sing To the Down
Source Picture : http://ayusa.files.wordpress.com/2009/07/w21.jpg

Kalo nonton trailer yang dipajang di blog kacahati.wordpress.com, kualitas animasinya termasuk lumayan lho..! Cuma untuk dubbingnya terasa kurang pas gitu.. Tapi overall (dari trailernya), nih film layak buat masuk daftar film yang wajib ditonton, ahahaha.. ^^ apalagi film anak negeri kita tercinta, Indonesia..

Saya belum sempet cari2 informasi lebih lagi tentang film ini, jadi belum bisa kasi banyak informasi. BTW, jadi inget beberapa animator Indonesia yang pernah ikud proyek film2 Hollywood.. wkwkwkwk.. Ternyata orang2 Indonesia kagak bisa dianggep enteng, yak..!? ^^

Eh, agak melenceng lagi dikit, saya jadi inget juga peran sistem operasi LINUX di dunia industri film animasi 3D. Linux yang kita kenal lebih sering digunakan di bidang2 sekuriti jaringan (dan semakin berkembang ke arah desktop usage) ternyata dapat menunjukkan taringnya di dunia multimedia, khususnya animasi 3D ini. Tau film Shrek? Ya, film tentang bangsa Ogre yang menolong putri raja dan akhirnya mereka menjadi pasangan. ^^ (like beauty and the beast ajah, karena bisa dibilang salah satunya itu buruk rupa gitu..) Nah, Shrek 2 itu dibuat menggunakan lebih dari 330 workstation (PC) dari Hewlett Packard dengan sistem operasi Red Hat 7.2. Untuk PC yang dipake, isinya ada dual-Intel Xeon 2.4Ghz digabungkan dengan nVidia Quadro 4 XGL (Kalo ga salah, Quadro merupakan seri nVidia yang memang didedikasikan untuk perfoma di bidang grafis, seperti Cad, rendering, dll).

Okeh, sgitu aja dulu. Untuk informasi lebih detil tentang film ini (dan mungkin tertarik tentang film Shrek yang dibuat pake linux), silakan cari sendiri lah pake Google.. hwhwhwhw…

Sumber :
http://kacahati.wordpress.com
http://lockergnome.com/linux/2004/06/30/shrek-2-created-using-linux/

8 thoughts on “Film Animasi 3D karya Anak Negeri (Indonesia lah..)

  1. haloo. ni saya animator 3d juga lhoooo!’_’. ni baru mau bikin flm animasi 3d juga. tapi kru nya cuma sndiri….. nah kayaknya nggak ada yangng tanya sama saya ya . jadi kalau mau tanya. saya bisa jawab di situs saya yang sampai 15-3-2010 ini masih kosong heheheheheee….. ni situsnya grafhero.wordpress.com

    • @sabar

      waw, ada animator 3D yg mampir ke blog saya.. XD
      sebelumnya thx banget lho sudah mampir ! πŸ˜€

      hhmmm… kalo mau bikin project, abang bisa masuk ke komunitas 3D Indonesia, coba cari massa disana.. XD hehehehe…
      saya sendiri belom pernah megang yg namanya animasi 3D >,<

      SEMANGAT MAS !! ^_^V

  2. salam kenal dari saya…. btw saya bangga juga ya ternyata memang benar orang indo itu sebenarnya kreasinya lebih gila lho dari pada yang lain, tapi selama ini tidak terpublish ya… saya juga senang di 3D gmn ya bisa gabung dalam komunitas 3D indo ya, secara saya cuma designer biasa aja cuma pengen bisa 3D-an gitu…. heheheheheeee

    • @Agung

      salam kenal jg mas Agung.. πŸ˜€

      saya rasa banyak ad komunitas 3D Indonesia.. mas bisa searching pake Google.. πŸ˜€

      semua berawal dari biasa, kalo udh biasa, pasti jadinya “gila”.. xD

      tetep semangat aja mas, terus berkarya ! ^^v

Leave a Reply

