Backup Data (Phonebook) Handphone dengan Wammu (di Ubuntu)

Sekilas..
Handphone (hape) saat ini memang menjadi alat komunikasi yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia (dan dunia). menurut saya sendiri ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya, mulai dari harga yang semakin terjangkau, serta fitur yang ditanamkan yang semakin banyak dan inovatif. Bahkan hape saat ini sudah hampir menggantikan penggunaan komputer dalam beberapa kegiatan sehari – hari..

Namun fungsi utama dari hape tetaplah sebagai alat komunikasi, baik via SMS maupun telpon. Kalau udah menyangkut fungsi utama ini, ada satu hal yang menjadi perhatian, yaitu Contact (atau Phonebook). Selayaknya sebuah Phonebook (buku telpon), fitur ini memungkinkan para pengguna hape untuk menyimpan berbagai informasi berkaitan dengan pengguna hape lainnya. Misalnya saja nama, nomor telpon, alamat, dll. Dengan Phonebook, seseorang tidak perlu mengingat seluruh informasi para pengguna lain. Ya jelas lah, mana mungkin seseorang akan mengingat begitu banyak contact yang ada di Phonebook mereka.. >,<

Phonebook menjadi salah satu komponen essensial di dalam sebuah hape, dan hingga saat ini, kemampuannya pun semakin berkembang. Nah, melihat pentingnya peran Phonebook dalam berkomunikasi, ada baiknya kita mem-backup data Phonebook, secara berkala. Ya jelas, misalkan nanti terjadi hal – hal yang tidak diinginkan (mudah2an engga.. amin..) kita udah punya backup-nya, tinggal direstore ajah. Untuk mem-backup, bisa manual, maksudnya ditulis pake tangan 1 per 1, yang tentunya == makan waktu == makan tenaga !

Kalau ga mau repot, ada cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mem-backup data Phonebook ini, yaitu dengan memanfaatkan salah satu software pembackup data hape untuk komputer. Jika di OS Windows, ada yang namanya MyPhoneExplorer, jujur saya dulu pernah make itu untuk backup data. Tapi semenjak tahu ada software serupa untuk Linux, saya langsung beralih deh.. Nama softwarenya Wammu. Wammu merupakan wxPython-based GUI untuk Gammu. Wammu memudahkan kita untuk mem-backup data Phonebook, backup SMS (yang penting2), serta bisa langsung ber-sms-an via komputer. Kita juga bisa menyimpan file ke hape lewat Wammu. Menurut saya pribadi, fitur yang disediakan lebih dari cukup untuk sebuah software pembackup data hape (apalagi FOS – Free Open Source). Yang perlu diperhatikan!! Cek dulu apakah hape Anda udah disupport sama Wammu. Untuk ngeceknya, liat di sini. Kalo udah disupport, langsung ke langkah instalasi. Kalo belum, ya artinya Anda kurang beruntung, silakan jalan2 lihat postingan saya yang lain, hehehe.. ^^

Instalasi..
Oke, untuk menginstallnya mudah banget. Pastikan Anda terkoneksi dengan repository Ubuntu (entah via internet, atau intranet kampus, atau repository lokal di HardDisk). Langkah selanjutnya, buka terminal, ketikkan perintah berikut :

sudo apt-get install wammu

Jika ada konfirmasi untuk menginstall, ketik ‘y’, lalu [Enter]. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Konfigurasi..
Sebagai informasi tambahan, disini saya menggunakan hape Sony Ericsson K530i yang kebetulan udah disupport sama Wammu. Langkah pertama, Anda hubungkan hape dengan komputer, saya sarankan menggunakan kabel USB. Berikutnya, jalankan Wammu, dari menu Applications > Accessories > Wammu. Kalau sudah, waktu pertama jalanin pasti Anda diminta untuk konfigurasi hape Anda, pilih aja [OK].

Untuk konfigurasi saya sarankan manual, karena pengalaman saya untuk konfigurasi otomatis memakan waktu yang lama, malah ga bisa dicancel (silakan dicoba sendiri, mungkin hape Anda tidak akan bermasalah seperti saya). Oke, pilih [Manual configuration]. Klik [Next].

cara konfigurasi wammu - 1

Pada combo-box [Port where the phone is connected], pilih /dev/ttyACM0. Kalo ga bisa, dicoba aja 1 per 1, karena kemungkinan berbeda pada setiap kasus..
Pada combo-box [Connection type], pilih at115200.
Kalo udah, klik [Next].

wammu - konfigurasi manual

Sekarang Wammu akan nyoba koneksi ke hape, kalo bisa, akan muncul pesan seperti ini

wammu - hasil test koneksi

Klik aja [Next]. Berikutnya, isi sembarang nama, untuk membedakan dengan koneksi lainnya (hape lain nantinya yang terkoneksi ke komputer Anda). Kalo udah, klik [Finish]

wammu - kasi nama

Meskipun udah berhasil mengkonfigurasi hape Anda, tidak serta merta hape Anda udah terkoneksi ‘secara benar’. Untuk dapat membaca isi (data) hape, kita terlebih dahulu harus mengkoneksikan dengan Wammu (koneksi ‘secara benar’). Caranya, klik menu Phone > Connect. Tunggu sebentar, sementara Wammu mencoba koneksi. Kalo udah berhasil, tinggal Retrieve (ambil data) dari hape. Nah, sekarang tergantung data yang ingin dibaca, apakah SMS, Phonebook, atau yang lainnya. Untuk me-retrieve, klik menu Retrieve > pilihan Anda. Saya misalkan Contacts (phone). Ini artinya kita ambil data Contacr (Phonebook) yang tersimpan di memori hape (bukan SIM-card Anda) Tunggu sebentar, karena masih loading.. Kalo udah lese, akan muncul list Contact yang ada di hape Anda. Tinggal pilih Contact yang akan di-backup, lalu klik kanan, pilih Backup Selected, dan simpan di sembarang folder. Untuk SMS, caranya sama.

Terakhir, kalo udah lese, jangan lupa di-disconnect. Pilih menu Phone > Disconnect.

Silakan dicoba sendiri, moga2 membantu.. ^^

OPENSOURCE is MY CHOICE!  Hohohoho... Yu??

Advertisements

4 thoughts on “Backup Data (Phonebook) Handphone dengan Wammu (di Ubuntu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s