Masalah LCD Projector dengan VGA NVidia pada Acer 4530

Laptop memang erat banget dengan LCD Projector, kenapa? Karena sebagian besar pengguna mempresentasikan sesuatu (tugas, produk, dll) menggunakan laptop, tentunya karena mobilitas dan portabilitasnya.. Mungkin dengan presentasi lebih mudah dalam menyampaikan sesuatu tersebut.. hehehe… Begitu pula dengan saya.. Tugas – tugas kuliah, beberapa proyek, memaksa saya untuk bisa presentasi dengan laptop ini (4530)..  Ehhmm.. tapi gini masalahnya..

Sejak beli laptop ini hampir setahun lalu, waktu dolar masih Rp. 9250, saya langsung instalin Ubuntu. Waktu itu masih yang 8.04 LTS. Selama make, semester 1 dan pertengahan semester 2, laptop saya selalu gagal untuk dipake sama LCD Projector. Saya sendiri mikir, “Ah, ga terlalu penting..” Sampai suatu ketika saya sempat berpikir kalo port VGA-out saya yang bermasalah, karena waktu saya coba di Windows juga ndak mau (waktu saya masih pake Windows).. Sampai beberapa minggu lalu saya baru aktif menggunakan laptop sendiri untuk presentasi, tapi sebelumnya masih pake laptop temen yang bisa konek ke LCD otomatis di linux.

Masalah awalnya adalah LCD projector yang engga kedetek di NVidia X Server Configuration, jadi otomatis kita engga bisa konfigurasi apapun untuk LCD Projectornya.. wah wah.. Coba – coba searching di Internet, dapet beberapa posting ‘yang mungkin’ berhasil kalo dicoba, tapi saya ga sempet nyoba.. hahaha.. Nah, solusinya?

Solusinya ternyata sangat mudah…. Apa??

Solusinya dengan menginstal driver NVidia terbaru dari situs resmi empunya produk, nvidia.com. Driver yang saya gunakan itu versi 185.18.14, silakan ke halaman ini untuk mendownloadnya.. ga saya sertakan link downloadnya langsung.. hehehe.. Kalo udah didownload, langsung install aja. Kalo belum bisa, silakan baca postingan saya tentang cara menginstal NVidia driver di Linux (Ubuntu)..

emm.. Mungkin ada yang mengalami masalah, yaitu ga kedeteknya LCD Projector meskipun udah dicolokin ke port VGA-outnya. Coba di restart dulu X-Server-nya, ato bisa Log-out dulu. Setelah Log-in lagi, dengan izin TYME, LCD Projector mesti sudah didetek di NVidia X Server Configuration-nya.. Tinggal melakukan beberapa konfigurasi disana. Silakan dicoba – coba dulu, tapi nanti akan saya posting detil konfigurasinya.. hohoOhooo.. ^^

Oke, selamat mencoba, semoga BERHASIL..!! ^^

OPENSOURCE is MY CHOICE..Hohohoho... You??!!

2 thoughts on “Masalah LCD Projector dengan VGA NVidia pada Acer 4530

  1. Mas, saya pake jaunty. Proyektornya sih langsung kedetek. Tapi gimana caranya biar displaynya di-clone? Biar di laptop ada dan di proyektor juga ada. Pake opsi TwinView malah kaya layarnya dibelah dua.

Leave a Reply

