Kesempatan tangkil ke Pura Luhur Giri Arjuno

Selasa, 7 Juli 2009 – kmarin lusa,
saya bersama teman – teman UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) agama Hindu – IMHD ITN Malang berkesempatan tangkil ke Pura Luhur Giri Arjuno, kota Batu – Malang, serangkaian upacara Ngenteg Linggih di Pura ini. Inilah kisahnya.. hohoho…

Dari pagi, saya (dan teman2 lainnya) sudah di-sms sama ketua IMHD untuk berkumpul di bejat (kontrakan sang ketua) jam 3 sore, untuk nantinya berangkat ke Pura Giri Arjuno bersama – sama. Kita berangkatnya memang sore, karena pagi hari rata2 pada ujian semua (UAS). Yah, memang seperti itulah kampus saya yang baru memulai UAS, padahal kebanyakan kampus udah lese.. hiks hiks.. Upacara Ngenteg Linggihnya sendiri mulai pagi hari.. (jam 8) tapi ndak papa, yang penting teteup tangkil. hohohooo…

Ceritanya udah lewat nih UAS hari pertama , yang mata kuliahnya Pengantar Sistem Telekomunikasi.. (halo Pak Cahyo, nilai saya dibagusin ya Pak.. hehehe…). Setelah itu makan dulu di kantin, trus ke Lab. ambil laptop, trus langsung balik ke kost, persiapan mau kumpul di bejat. Sret sret.. udah lese siap – siap (mandi, pake pakean adat, dll) langsung deh brangkat, kira – kira jam stengah 4 dah ke bejat (wah, ngaret banget tuh..) >,<

Sampe di bejat, saya kira yang lain udah pada siap.. ternyata.. Indonesia.. – jam karet – >,< (padahal saya juga, wkwkwkwk.. :-p ). Huffh.. Yawda, kita nunggu dulu temen – temen yang belum dateng.. Emm.. yang sangat  disayangkan kali ini yaitu ga semua bisa ikut, ada yang sibuk sama kerjaan, malah ada yang UAS (T. Elektro tuh, mulai UAS jam 3 sore, kasian banget..). Yah, apa bole buat, kalo ga UAS, nanti nilainya ancur lagi.. >,< Hmmph.. ada yang sabar nunggu, ya mereka mutuskan untuk berangkat duluan.. ya udah gapapa..
Waktu berlalu, ternyata lebih kurang udah jam 4, semua juga udah kumpul, jadi kami langsung aja berangkat. Entah cuma perasaan (ato lupa..) aja, tapi kayaknya sebelum berangkat kita belum berdo’a bersama dulu d.. (yang nantinya berbuah oleh – oleh untuk saya…)

Awalnya perjalanan lancar, tapi kendaraan yang saya tumpangin (saya digandeng temen) tertinggal cukup jauh dari rombongan, tapi ga masalah, karena kita udah tau jalannya.. Saya lupa di jalan apa, yang pasti cukup jauh setelah kampus UnMuh Malang, saya mendapatkan oleh – oleh tak terduga, beberapa luka, di lengan sama lutut.. >,<
Ceritanya gini, waktu di jalan memang agak rame, jarak antar kendaraan pun cukup dekat. Temen saya yang bawa motor dapet telpon tuh critanya.. Nah, maksudnya mungkin mau ngangkat telponnya, ya sibug dah dia ngambil tu telpon dari saku.. mungkin karena perhatiannya teralihkan, jadi dia ga sadar kalo kendaraan di depan kami itu nge-rem (bisa dibilang) mendadak.. Alhasil, kehilangan kendali, dan.. BrRAKk.. Jatuh lah kita berdua.. >,< Untungnya lukanya ga terlalu parah.. kalo luka saya cuma di lengan, lutut, sama pelipis kanan benjol sedikit, pinggul juga agak pegel.. Yang saya heran, padahal kita berdua sama – sama pake jaket, tapi kok tetep luka ya..jaketnya aja ga robek.. hmmpphh.. saya cuma bisa ketawa aja waktu itu.. wkwkwkwk… Satu pelajaran buat kita.. Perjalanannya?? Lanjut lagi..! ^^

Huufhh.. singkat cerita kita udah nyampe semua, yang mengherankan, kita nyampe lebih dulu dari rombongan. Ternyata mereka sempet berhenti beli bensin dulu.. Setelah semua kumpul, kita sempet sembahyang dulu di pelinggih di Jaba (saya sendiri belum tahu itu pelinggih apa.. >,<) setelah itu baru sembahyang yang utama. Persembahyangan dipimpin oleh Pemangku yang standby di Pura untuk melayani pemedek.. Bbrrr….. Dingin banget.. >,< Persembahyangan berlangsung khusuk.. sampai akhirnya selesai, tidak memakan waktu lama..

Usai persembahyangan, kami rombongan IMHD (tapi ada juga yang engga..) dipersilakan menikmati hidangan yang udah disediakan. Sudah menjadi suatu yang biasa, setelah melakukan persembahyangan, pasti selalu menikmati makanan, perlambangan anugrah dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa, TYME.. Nikmat sekali rasanya, meskipun saya cuma makan sayur aja.. hohoho.. (dalam usaha menjadi vegetarian nih..)

Setelah makan, kita ngobrol sejenak.. beristirahat.. (dan kedinginan.. tapi lebih dingin daripada Bromo.. >,< ) Karena waktu yang udah malam, kami rombongan memutuskan untuk pulang, setelah berpamitan dengan bapak – bapak ibu – ibu yang ngayah disana.. Perjalanan pulang kali ini giliran saya yang membawa motornya.. piuhh.. dingin juga..! >,<

Perjalanan pulang kami lalui dengan selamat sampai kembali ke tempat kost, tanpa ada permasalahan seperti tadi.. ^^

Sungguh perjalanan yang bermakna..! ^^

Advertisements

2 thoughts on “Kesempatan tangkil ke Pura Luhur Giri Arjuno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s