Burning data dari network share folder dengan Brasero

Hmm.. Mungkin ni tutorial ga begitu penting ya.. :-p tapi ya saya cuma sharing aja, kali aja ada yang terbantu.. Hohohooahoaoa…

Hohohoho...

Critanya gini.. Ngupil...
Beberapa hari yang lalu saya dimintain tolong sama temen satu kos untuk nge-burn-in repository ubuntu Jaunty yang ada di lab PK&M ke 6 biji DVD-R kosong. (Repositorya sendiri baru ada, berkat salah satu temen kos asisten lab itu beli Reponya, hahahaha.. Dasar Lab ga  modal.. :-p). Kalo untuk download, jujur aja kita – kita ga mampu, karena koneksi internet kampus sendiri ga memadai… (Huuh.. bapak2 (petinggi institut), kapan donk bandwidth internet kampus dinaekin, jadi 5MBps, kek.. Tapi SPP jangan dinaekin juga.. :-p wkwkwkw… )

Hohohoho...

Nah, lanjut ke masalah.. Repository yang 6 DVD itu, disimpen di server Lab. (Wah, lagi2.. Kita (kampus) belum punya server sendiri untuk naruh repo sama distro – distro yang ada.. kasian banget… >,<. Tapi karena semangat OpenSource, jadi meskipun ga punya server sendiri, kita pake server di Lab aja!! ^^ hohohaahohao…)
Cigarette (oya, aslinya saya bukan perokok lho..!!)

Pagi  pagi brangkat ke kampus (belum sarapan..maklum anak kos..), cuma berbekal 6 DVD yang dititipin ke saya untuk di-burn-kan Repositorynya.. Rasanya sangat senang, karena (bakal) bisa bantu temen yang bakal make Linux.. Hohoohho.. Sampe di kampus, saya langsung ke Lab.Tapi.. Arrghh…!! Saya LUPA kalo di komputer lab GA ADA DVD RW untuk nge-burn-nya!! Arrghh…

Hmmphhh… Tenang2.. berpikir..
Oiya! kan ada laptop saya! ahhahah… Langsung aja laptop saya hidupkan..

Udah login, trus langsung buka Brasero Disc Burner, CD burner default bawaan Ubuntu.. Wuufhh.. Untuk koneksi ke server Lab, saya harus pasang kabel LAN (UTP), udah konek ke server Lab, langsung browse folder Reponya. Kembali ke brasero, langsung aja pilih Data Project. Langsung Add file.. 😮 Ding Dong… Uppss.. Ternyata Brasero ga dukung burning data dari folder network yang disharing dan di-mount dengan nautilus secara langsung. Wah – wah… Gimana donk..?

Hmm… berhubung Brasero ga bisa burning file/ folder share, makanya saya berinisiatif untuk menggunakan K3B, salah satu CD burner yang saya tahu cukup bagus, mirip Nero Burning Room di Windows. Udah lah.. akhirnya install K3b, dan ternyata hasilnya.. SAMA AJA..!! T,T sama – sama ga ngedukung burning file/ folder yang dishare pake nautilus.. Hmmm… Harus cari jalan lain skarang..

Pake Google, akhirnya dapet juga cara nge-burn data dari folder yang dishare ga perduli aplikasi Burner yang dipake. Hohohahoahaoa… B-) Yang cukup mengejutkan, ternyata caranya cukup simpel, cukup dengan nginstall smbfs, dan mount folder yang dishare secara manual.. wah  wah.. B-) Ayo, dicoba aja langsung…

Langkah pertama, pastiin kalo packages smbfs telah terinstall di komputer. Kalo belum terinstall, tinggal ketik perintah berikut di terminal :

~$ sudo apt-get install smbfs

Trus mount secara manual folder yang pingin di-burn.

~$ mkdir mount_point
~$ sudo mount -t smbfs //alamat_folder_yang_dishare mount_point

Kalo di kasus saya seperti ini jadinya :
~$ sudo mount -t smbfs //102.102.102.44/repo/1 mount_point

Kalo berhasil, pasti akan keluar ikon seperti drive yang di-mount di nautilus. Nah, trakhir tinggal jalanin aplikasi Burner, misal Brasero. Langkahnya sama seperti di atas, waktu Add files, tinggal pilih dari direktori mount_point tadi.. 🙂

Dan akhirnya, saya jadi juga nge-burn-in DVD Repository untuk tmen saya yang jumlahnya, gila 6 DVD…Hohohoho...
Smoga berhasil..! Happy with LINUX !! Ngupil...

Hohohoho...

2 thoughts on “Burning data dari network share folder dengan Brasero

Leave a Reply

