Membuat lampu indikator wireless Atheros AR242x menyala di Linux (Ubuntu)

Ini merupakan salah satu problem yang saya temui di Linux (Ubuntu 9.04 dan pendahulunya). Apa?? Problemnya adalah… Lampu indikator wireless yang tidak menyala, meskipun ubuntu 9.04 sudah mendeteksi wireless card secara default, dan bisa berjalan dengan baik.. Hmmph.. Ga mau kalah donk sama Windows, masa’ di Windows lampu indikatornya nyala, sdangkan di Linux engga.. HohohoOoho…
Hohohoho...

Nah, trus gimana solusinya ?
Salah satu solusi yang saya tau, dan bekerja untuk laptop saya (Acer 4530 dengan wireless chipset ar242x) adalah dengan menginstall driver wireless terbaru. Mungkin cara ini berlaku juga untuk wireless chipset atheros lainnya, jadi silakan dicoba sendiri. Sebagai info, kalo di Windows, wireless saya dikenali sebagai AR5007EG (kalo ga salah.. lupa, udah lama banget soale, dan di laptop juga udah pure 100% LINUX..). Kalo di Linux, cara taunya dengan mengetik perintah lspci di terminal. Perhatikan hasilnya, cari baris seperti ini :

0b:00.0 Ethernet controller: Atheros Communications Inc. AR242x 802.11abg Wireless PCI Express Adapter (rev 01)

Yang di bold menandakan chipset yang digunakan..

Okeh, tanpa berpanjang kata lagi, langsung aja ikutin step2nya.. :

#1 Download driver terbaru dari sini. Yang saya gunakan (dulu, waktu pertama nginstall) adalah versi yang sebelumnya. Skarang udah ada versi terbaru, seharusnya versi terbaru akan lebih baik dari versi terdahulunya.. Diasumsikan drivernya disimpan di folder /home/username_anda/

#2 Ekstrak drivernya :

~$ tar -xvjf compat-wireless-2.6.30-rc6.tar.bz2
~$ cd compat-wireless-2.6.30-rc6

#3 Install driver :

~$ make
~$ sudo make install
~$ sudo make unload

Kalo selama nginstall ga ada mengarah ke error gitu, kmungkinan besar driver sudah terinstall dengan baik.. hohoho… Langkah terakhirnya, tinggal restart laptop. Setelah restart, mudah2an ntu lampu indikator wireless udah nyala..!! Simpel, kan ??!

HapPy wiTh LINUX !! ^^

Advertisements

4 thoughts on “Membuat lampu indikator wireless Atheros AR242x menyala di Linux (Ubuntu)

    • @eka,

      Donlod yang compat-wireless-2.6.30.tar.bz2

      2 driver yang lain masih versi RC, jadi belum stabil.. Okey?!

      Ingat, waktu install, sesuaikan nama driver yang abang eka donlod dengan perintah2 via terminal di postingan saya itu..

      Gud Lak..! ^^

  1. Terimakasih atas tulisannya. saya juga pake Acer 4530 dgn Ubuntu sejak 8.04 hingga 9.04 saat ini.
    Mohon ijin, boleh gak tulisannya saya muat di blog saya, tentu dengan menyebut sumbernya.
    Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s