Cara install Driver VGA NVidia acer 4530 di Ubuntu 9.04

Ubuntu dan NVidia

Ubuntu dan NVidia

Yang namanya tampilan grafis komputer sangat mempengaruhi kinerja seseorang (dan produktivitas tentunya, paling tidak untuk saya).. Kalo tampilan grafisnya payah, bikin saya (mungkin juga Anda) jadi males kerja.. Nah, disini lah peran driver kartu grafis sangat berpengaruh.. Untuk apa? Tentunya untuk mendapatkan hasil (dan performa) terbaik dari kartu grafis kita..
th_020_bingo

Sepengalaman saya nginstall Ubuntu Linux (terutama di laptop), sebagian besar kartu grafis sudah bisa  dikenal dengan baik oleh driver bawaan Ubuntu (GUI sudah bisa dengan resolusi default laptop, biasanya 1280×800), namun belum bisa mengaktifkan effect 3D secara default (Seperti Compiz). Untuk Ubuntu sendiri sudah menyediakan driver yang mungkin mensupport kartu grafis user melalui repository. Bisa diaktifkan melalui Hardware Drivers. Tapi terkadang ada kasus, dimana driver yang disediakan di repository belum mensupport kartu grafis pada komputer. Hal ini mungkin karena chip kartu grafis Anda masih baru.

Nah, untuk menyiasatinya, kita bisa mencoba driver proprietary yang disediakan vendor kartu grafis masing – masing, berhubung di sini kita membahas kartu grafis NVidia, jadi langsung aja kunjungin situsnya, untuk dapet driver terbaru.. Saat ini versi terbaru yaitu 190.42 185.18.36. Untuk info lengkap tentang release driver ini, bisa lihat Release Highlightnya. Tapi kalo mau download langsung, ini link-nya..

Update :
Cara ini dapat juga digunakan untuk install driver NVidia di Ubuntu 9.10 Karmic Koala

Langsung aja langkah – langkahnya :

** diasumsikan driver udah didownload, dan disimpan di direktori  /home/username_Anda/ –> misalkan /home/budi

#1  Masuk ke mode text, tekan [Ctrl]+[Alt]+[F2], login seperti biasa, masukkan username dan password

#2  Seharusnya saat ini posisi direktori sudah di  /home/username_Anda/, namun jika belum silakan ketik perintah berikut :

cd ~

#3  Matikan GDM (Gnome Display Manager), ketik perintah berikut :

sudo /etc/init.d/gdm stop

#4  Selanjutnya jalankan file installer, ketik :

sudo sh NVIDIA-Linux-x86-185.18.36-pkg1.run

Selanjutnya tinggal ikutin instruksinya.. pertama, Accept. Trus kalo ada pertanyaan apakah mau download “precompiled kernel” kernel dari nvidia, pilih No. Trus kalo ada pertanyaan apakah mau build kernel? pilih Yes. Biarin prosesnya jalan.. Trus ada pertanyaan, apakah setting xorg.conf mau di-replace oleh setting baru dari installer NVidia? Pilih Yes. Kalo lancar, itu artinya driver udah keinstall.

Langkah selanjutnya? Silakan hidupkan kembali GDM, caranya sama seperti waktu matikan GDM, namun parameter stop DIGANTI dengan start. Screen yang muncul seharusnya teks NVidia ke-abu2an dengan effect 3D, tus ada logonya NVidia (kayak mata, mirip juga sama logonya distro Foresight).

Tutorial kali ini rasanya cukup mudah dilakukan, semoga berhasil !! ^^

OPENSOURCE?? KNAPA ENGGA? Hohohoho…

Advertisements

44 thoughts on “Cara install Driver VGA NVidia acer 4530 di Ubuntu 9.04

  1. Pingback: Cara Install Driver VGA NVidia di Ubuntu 10.04 Lucid Lynx « Jujur, saya pake linux . . . ^^
  2. mas….ak mw tanya nih…..aku make acer 4740 G50Mn..vga card nvidia geforce 310M…yang mw sanya tanyakn yaitu,,kok pas booting kok driver vga nya gk terdeteksi ya??? terbukti dari tulisan ubuntu dan logonya jadi agk besar dan agk kabur(jadi jelek)..tp setelah log in efek 3D bisa di jalankan…..!
    tolong dong mas solusinya….

  3. Bang , aku juga ada masalah nih, aku pakai nvidia geforce 6 series dah download drivernya , dan diinstall lalu error and aku pakai ubuntu lucid , gimana ya ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s