Magic SysRq Key – Reboot Komputer secara aman di Linux..

Anda pengguna Linux? (Harus..! Hohohoo..Hohohooo.. )

Pernah mengalami freeze?
(Mungkin pernah, mungkin belum.. Atau mungkin belum tau apa artinya freeze.. ?? )
** Saya sendiri belum tau arti yang sesungguhnya, tapi kira – kira freeze itu keadaan ‘membeku’nya sistem. Selama yang saya alami, desktop ga merespon (tapi kadang mouse masi bisa), trus keyboard, lupa..

Terus yang harus dilakukan??
Mungkin kebanyakan user kebingungan apa yang harus dilakukan.. Yang lebih mungkin adalah dengan menekan “Tombol Sakti”, pelebur segalanya.. yang kemungkinan besar bisa merusak sistem serta data – data kita, karena komputer di-terminate secara paksa.. Wah, berabe ya..

TAPI….

Berbahagia lah wahai para pengguna Linux.. Hohohoo.. Emangnya kenapa bung??
Karena eh karena.. Kernel Linux yang diciptakan sama abang Linus menyediakan fitur Magic SysRq. Apaan tuh? Oke, kita bahas skarang…

SysRq / SysReq / System Request, pertama kali diperkenalkan oleh IBM, dengan komputernya waktu itu PC/AT. SysRq sendiri adalah kunci – kunci (baca: kombinasi keyboard) khusus, yang dibuat untuk mengakses/ berkomunikasi dengan low-level operating system tanpa merusak software yang ada di sistem komputer tsb, pastinya tergantung kombinasi (dan harus berurutan..). Supaya bisa menikmati fitur ini, modul CONFIG_MAGIC_SYSRQ harus enable saat kompilasi kernel (tenang, di Ubuntu dan sebagian besar distro sudah meng-enable fitur ini secara default..)  hohoho…

Nah, dari pengertiannya sendiri bisa kita simpulin fitur ini akan sangat berguna bagi user, terutama jika mengalami komputer mengalami Freeze.. Dengan Magic SysRq, kita bisa mematikan/ me-reboot/ komputer secara aman… Wah, masa’ ? Ya, menurut Wikipedia memang seperti itu.. dan memang seperti itu nyatanya.. hahaha..

Seperti sudah dijelaskan di atas, kalo SysRq memanfaatkan kombinasi tuts – tuts keyboard untuk melakukan tugasnya. Kombinasi yang wajib adalah tombol [Alt] serta tombol SysRq (Umumnya sama dengan tombol [PrintScreen]). Nah, terdapat beberapa special-keys yang dapat dikombinasikan untuk melakukan suatu proses tertentu.. Untuk lengkapnya, bisa dilihat di sini

Nah, penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan menekan kombinasi special-keys tersebut. Tapi (jika bisa) masuk mode text dulu, bisa dengan menekan kombinasi [Ctrl]+[Alt]+[F2], seteleh itu baru, kombinasi Magic SysRq..

***
Mengapa (tidak) harus masuk ke mode text dulu? Hal ini dikarenakan dalam mode text, proses SysRq menjadi jelas terlihat.. Apa yang dilakukan, lalu return valuenya bagaimana, apakah proses berhasil atau tidak. (Misalkan untuk unmount harddisk, kalo lancar biasanya ada info [OK]
***

Untuk me-reboot komputer, kombinasi yang umum digunakan adalah [Alt]+[PrtScr/SysRq]+[R]+[E]+[I]+[S]+[U]+[B]. Sulit mengingatnya? Tidak juga.. Namun jika memang sedikit sulit untuk diingat, coba saja ingat kalimat ini : “Reboot Even If System Utterly Broken” (mudah – mudahan gampang ngingetnya..)

Berikut penjelasan (R E I S U B ) :
UnRaw,
Mengambil alih kontrol keyboard dari X (Window)

tErminate,
Mengirim SIGTERM ke seluruh proses, memungkinkan proses dihentikan secara aman

kIll,
Mengirim SIGTERM ke seluruh proses, memaksa proses untuk berhenti secepatnya

Sync,
Flush (mengisi) data ke disk

Unmount,
Me-mount ulang filesystem read-only

reBoot, me-reboot komputer.

Nah, satu hal yang juga perlu diperhatikan adalah timing waktu menekan kombinasi – kombinasi tersebut.. seperti R, E, I, dll. Usahakan terdapat jeda beberapa detik (atau sampai status [OK], pada mode text), mungkin sekitar 2 – 3 detik, karena setiap perintah/ request – requet tersebut perlu waktu untuk mengeksekusinya..

Semoga membantu.. ^^

OPENSOURCE ??  WHY NOT ?? Hohohoho…

Referensi :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s