JaLan – JaLan waktu pulang Kampung !

Swastiastu..

Hmm… Meskipun saya orang Bali ASLI B-) , tapi saya jarang banget punya kesempatan untuk jalan2 ke tempat2 wisata yang ada di bali (khususnya yang ada di luar kota Denpasar)..Hiks..hiks.. T,T  Entah karena males, ato kenapa.. Tapi, kebetulan kakak saya dateng dari Jakarta kmaren..sama temennya juga, dari Makassar ( Tapi mreka sempet jalan2 dulu di Lombok, sebelum ke Bali).

Nah, singkat kata, temen kakak saya itu pengen jalan2 gitu di Bali.. (Yaiyalah, masa’ orang liburan kagak jalan2.. >,< ). Setelah nyusun rencana (sebenernya udah lama..), akhirnya kmaren jadi juga jalan2nya…hehe.. Berhubung belum punya mobil T,T jadi untuk pergi ke tempat wisata di luar denpasar, kita terpaksa nyewa mobil gitu de.. Sebelumnya , kita harus jemput temen kakak saya dulu, di Gianyar, kota. Dia temen kakak waktu dulu masih kuliah di STAN gitu de..

1st destination,  objek wisata Istana Tampak Siring (dan Tirta EmpuL). Ada yang tau?

Istana Tampak Siring, terletak di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar..  merupakan tempat peristirahatan dari presiden pertama Indonesia, Bung Karno, kalo beliau bertandang ke Bali juga bagi tamu – tamu kenegaraan.. Istana Tampak Siring sendiri diprakarsai oleh Bung Karno pula.. (memang Bung Karno mantap! hehe..)

Nama Tampak Siring berasal dari bahasa Bali, ‘Tampak’ dan ‘Siring’. Tampak berarti ‘telapak’, sedangkan siring berarti miring. Konon, menurut legenda pada lontar2 Usana Bali, nama Tampak Siring berasal dari bekas tapak kaki  seorang raja, yaitu Mayadenawa. Raja yang pandai dan sakti, namun sayang sifatnya tidak baik..ckckck.. >,< Karena tabiatnya yang kurang baik, Bhatara Indra akhirnya marah, lalu mengirimkan bala tentaranya. Raja Mayadenawa pun ketakutan dan melarikan diri menuju hutan. Untuk mengelabuhi para tentara, sang raja berjalan sambil memiringkan telapak kakinya, dengan harapan para tentara tidak mengenali jejak telapak kakinya tersebut.. Namun, akhirnya Mayadenawa pun tertangkap juga.. namun sebelumnya, Mayadenawa telah membuat mata air yang beracun dimana mata air tersebut diminum oleh tentara dari Bhatara Indra, sehingga banyak tentaranya tewas. Akhirnya, Bhatara Indra juga membuat mata air, yang merupakan penawar dari mata air beracun yang diciptakan oleh Mayadenawa. Mata air tersebut kemudian dikenal dengan nama ‘Tirta EmpuL’ (‘air suci’) dan hingga saat ini air dari mata air di Tirta Empul disucikan.  Sedangkan hutan, lokasi pelarian diri Mayadenawa dikenal dengan nama ‘Tampaksiring’..

Plok plok plok.. (tepuk tangan..) Wahh.. Budi hebat ya, bisa tau ceritanya.. 😮 “Ah, biasa aja kok..kan ada Wikipedia.. 😛 hahahahaha… ” more info, please visit “Instana Tampak Siring on Id.Wikipedia

Ini air dari mata air Tirta EmpuL

Ini air dari mata air Tirta EmpuL

Ini dia Mata Airnya.. ehehe.. keren lho aslinya... :-o

Ini dia Mata Airnya.. ehehe.. keren lho aslinya... 😮

Hhmm..hmm.. 2nd destination… Daerah wisata dataran tinggi, Kintamani.. (wew, kayak lagunya Shaggy Dog aja, Anjing Kintamani.. Ada yang tau ?? ) :-0

Waktu di Kintamani cuman foto2 aja sih..karna viewnya bagus gitu.. Latarnya gunung Batur sama Danau Batur.. hehe.. Lihat aja fotonya.. 😮

Di Kintamani, bisa foto2 dengan latar gunung dan danau batur. Ni gunung Batur.

Di Kintamani, bisa foto2 dengan latar gunung dan danau batur. Ni gunung Batur.

Ni Danau Batur... Cool banget.. xixixixi..

Ni Danau Batur... Cool banget.. xixixixi..

3rd Destination ! Desa Trunyan ! ( Hhhiiii…serem… >,< )

Kok serem ?? Mank di Desa Trunyan ada apa ??

Intinya, di Desa Trunyan itu ada suatu adat/ cara pemakaman yang unik, ga ada di daerah lain lho.. ! B-) untuk lebih lengkapnya, silakan lihat disini (Wiki lagi, hohohoho.. 😛 ) lagi males ngetik nih..alnya browsingnya juga pake hape gitu.. ni artikel juga diketik offline, bentar lagi di publish..

Ini kuburan ala Desa Adat Terunyan..

Ini kuburan ala Desa Adat Terunyan..

Tengkorak manusia yang udah ratusan tahun..

Tengkorak manusia yang udah ratusan tahun..

Buat temen2 yang sempet liburan ke Bali, jangan lupa jalan2 ke tempat yang saya kunjungin ntu ya.. hehehe ^_^

Advertisements

3 thoughts on “JaLan – JaLan waktu pulang Kampung !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s